Jumat, 29 Maret 2024

Penyerapan Dana Desa Meningkat Berkat Kepala Desa


  • Rabu, 10 April 2019 | 21:41
  • | News
 Penyerapan Dana Desa Meningkat Berkat Kepala Desa Foto: Dok Kemendesa PDTT

ARAHDESTINASI.COM: Penyerapan dana desa dari tahun ke tahun terus meningkat berkat kerja keras dari kepala desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, mengatakan penyerapan dana desa terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2015 dana desa sebesar Rp 20,67 triliun hanya terserap 82,72 persen. Pada 2016, penyerapan Dana Desa mencapai 97,65 persen dari anggaran Rp 46,98 triliun, lalu 98,54 persen dari Rp 60 triliun pada 2017, dan tahun lalu tercatat 99,3 persen juga dari anggaran Rp 60 triliun.

Tak hanya penyerapan dana desa, pembangunan di desa juga sangat masif. Menteri Desa mencontohkan jalan desa yang terbangun sepanjang 191 ribu kilometer.

"Bahkan masih ada yang tidak percaya bahwa desa mampu bangun 191 ribu kilometer. Padahal dibagi 74 ribu desa dan dibagi empat tahun. Jadi sekitar 625 meter tiap desa. Ini hasil kerja keras para kepala desa. Tapi justru kerja keras kepala desa ini diakui dunia, sekarang ada 23 negara yang belajar model pengelolaan dana desa," katanya.

Dengan keberhasilan dana desa dalam bidang infrastruktur, Mendes PDTT mulai menghimbau untuk membangun ekonomi dan Sumber Daya Manusia.

"Pemerintah punya lembaga beasiswa, ada LPDP, Bidik Misi dan lain-lain. Saya pesan sebagian dana desanya gunakan untuk bimbingan belajar (bimbel) bekerjasama dengan universitas setempat. Dengan demikian anak-anak desa bisa bersaing dengan anak kota, sehingga bisa dapat beasiswa dan belajar hingga ke luar negeri," katanya.

Untuk lebih mengembangkan kualitas SDM, Kemendes PDTT akhir Maret lalu sudah mengirimkan 40 kepala desa untuk belajar ke luar negeri. "Mudah-mudahan dalam kuartal pertama bisa kirim 1000 kades," ujarnya optimistis.

Eko berpesan, jika ada aturan-aturan yang dirasakan masih menghambat, sampaikan ke ketua asosiasi-asosiasi, kemudian berikan kepada Mendes PDTT dan Menteri Dalam Negeri. "Desa sudah dihargai dunia, diungkap media asing dan jadi contoh 23 negara. Saya ucapkan terima kasih. Tolong dijaga dana desanya untuk pemberdayaan masyarakat dan ekonomi," pungkas Eko. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru