ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Berpetualang ke Pantai Batu Bedil

Kamis , 28 November 2019 | 20:08
Berpetualang ke Pantai Batu Bedil
Foto: Dok Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung

ARAHDESTINASI.COM: Berbicara soal keajaiban bebatuan granit, Belitunglah tempatnya. Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung itu punya pantai-pantai indah berpasir putih yang dihiasi batu-batu granit raksasa.

Dari sekian banyak keindahan itu, di antaranya ada Pantai Batu Bedil yang terletak di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk. Pemandangan di pantai itu memang indah dan unik. Bebatuannya bertumpuk membentuk formasi mirip meriam yang akhirnya menjadi salah satu versi cerita, mengapa pantai tersebut diberi nama Batu Bedil.

Batu Bedil 1

Namun, di kalangan masyarakat beredar beberapa versi menyangkut penamaan Batu Bedil. Versi lainnya menyebutkan, nama Batu Bedil muncul karena wisatawan bisa mendengar bunyi seperti bedil atau senapan yang ditembakkan. Bunyi itu berasal dari lubang besar yang ada di antara formasi bebatuan, dan ketika ombak datang beserta angin, akan memunculkan bunyi seperti bedil/senapan yang ditembakkan.

Terlepas dari asal usul nama, formasi bebatuan batu bedil terdiri dari tiga gugusan bebatuan granit. Gugusan pertama dan kedua dihubungkan dengan pasir putih, sedangkan gugusan kedua dan ketiga tersambungkan dengan mangrove.

Pantai Batu Bedil dikenal sebagai salah satu pantai untuk melihat matahari terbenam di Belitung. Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan spot-spot memancing yang menggoda.

Akses ke Pantai Batu Bedil belum semulus objek-objek wisata lain yang sudah terlebih dahulu populer di Belitung. Selain itu, fasilitasnya masih minim. Meski demikian, memandang senja di pantai ini bakal menjadi kemewahan perjalanan yang tak terlupakan. (*)

KOMENTAR