ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Sekilas Pariwisata Belitung

Selasa , 05 November 2019 | 15:31
Sekilas Pariwisata Belitung
Foto: Dinas Pariwisata Belitung (Sofyan Efendi)

ARAHDESTINASI.COM: Belum pernah ke Belitung? Wah rugi, harus segera direncanakan supaya bisa menikmati dan mendapat pengalaman menyenangkan di kabupaten yang masuk dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan itu.

Sesuai namanya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki dua pulau besar, yakni Bangka dan Belitung. Di Pulau Belitung terdapat dua kabupaten, yakni Kabupaten Belitung dengan Ibu Kota Tanjung Pandan dan Kabupaten Belitung Timur dengan Manggar sebagai ibu kota kabupaten.

Pariwisata Kabupaten Belitung mencuat bersamaan dengan tenarnya novel dan film Laskar Pelangi. Pantai dan pulau-pulau indah yang dimiliki sontak dikenal dan diburu wisatawan. Batu-batu besar, matahari terbenam, matahari terbit, kekayaan bawah laut, hingga kepungan laut di menara ikonik yang ada di Pulau Lengkuas sungguh mempesona.

Datang ke Belitung  berarti bisa menikmati banyak hal, mulai dari wisata alam yang didominasi pantai-pantai, kuliner khas yang terkenal sedap, dan budaya ngopi masyarakat yang guyub tak memandang status sosial.

AKSES
Akses ke Kabupaten Belitung sudah sangat terbuka. Setiap hari tersedia penerbangan langsung dari berbagai kota besar di Indonesia ke Bandara internasional H.A.S Hanandjoedin yang terletak di Tanjung Pandan, Ibu Kota Kabupaten Belitung.

Terbukanya akses membuat harga tiket ke kabupaten ini cukup bersaing, terutama jika keberangkatan dilakukan dari Jakarta. Bahkan terkadang tiket pulang pergi dari Jakarta ke Belitung tak sampai Rp1 juta. Maskapai penerbangan yang sudah masuk antara lain, Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, dan Wings.

TRANSPORTASI LOKAL
Transportasi umum di seputar Tanjung Pandan sudah sangat hidup. Begitu juga dengan daerah-daerah lain. Namun, jika ingin menghemat waktu dan mendapat kenyamanan, disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Seiring dengan perkembangan pariwisata, perusahaan rental mobil di Kabupaten Belitung pun kian banyak. Sebagai gambaran, untuk sewa satu hari termasuk pengemudi dan BBM sekitar Rp500.000.

Untuk menjelajahi pulau-pulau di Kabupaten ini, banyak perahu motor yang disewakan. Harganya tergantung dari kemampuan tawar-menawar. Sebelumnya bisa mencari informasi terlebih dahulu dengan cara berbincang dengan masyarakat lokal atau ke Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung.

KONTAK
Dinas Pariwisata Kabupaten Beliting
Jl. Depati Gegedek No. 17
Tanjungpandan - Belitung
Telp. 0719 - 21035 | Fax. 0719 - 21035

KOMENTAR