ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

2 Hari Terkumpul Rp16 Triliun untuk Bangun Notre Dame

Kamis , 18 April 2019 | 00:30
2 Hari Terkumpul Rp16 Triliun untuk Bangun Notre Dame
Foto: dailysignal.com

ARAHDESTINASI.COM: Terbakarnya Katedral Notre Dame menyatukan banyak hati manusia dari berbagai kalangan. Hanya dalam dua hari, sudah terkumpul dana lebih dari 1 miliar euro atau sekitar Rp16 triliun.

Kebakaran yang diduga akibat konsleting listrik itu telah menggugah banyak orang dan perusahaan-perusahaan besar untuk menyisihkan dana agar bangunan bersejarah yang sebagian telah terbakar itu dapat dibangun kembali.

Stephane Bern, tokoh televisi yang membantu melancarkan seruan pengumpulan dana untuk membangun kembali Notre Dame, mengatakan sumbangan miliaran euro telah tercapai pada selasa siang.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidato yang disiarkan di televisi, mengatakan akan membangun kembali Katedral Notre Dame dalam waktu lima tahun. “Kita akan bangun kembali Notre Dame bahkan lebih indah lagi dari sebelumnya,” tutur Macron.

Situs dailymail.co.uk, menyebutkan beberapa sumber donasi untuk membangun kembali Katedral Notre Dame. Disebutkan, pria terkaya Prancis Bernard Arnault memberikan sumbangan sebesar 200 juta euro.

L'Oreal menjanjikan 200 juta euro. Multimiliarder Francois-Henri Pinault dan perusahaan minyak Total masing-masing menjanjikan 100 juta euro. Investor Marc Ladreit de Lacharriere dan tokoh konstruksi Martin dan Olivier Bouygues masing-masing menyumbang 10 juta euro.

Bank Credit Agricole memberi lima juta euro, investor ekuitas swasta AS Henry Kravis telah menjanjikan 8,8 juta euro.

Donasi dari perusahaan-perusahaan diperkirakan akan terus naik, antara lain dari perusahaan blue-chip seperti Vinci, Michelin dan BNP Paribas yang sudah mengatakan akan ikut berpartisipasi.

Air France menawarkan penerbangan gratis untuk para ahli yang akan terlibat dalam renovasi Notre Dame. (*)

KOMENTAR