ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Kebakaran Notre Dame: Kesedihan Paris dan Dunia

Selasa , 16 April 2019 | 07:51
Kebakaran Notre Dame: Kesedihan Paris dan Dunia
Foto: Twitter/NateReadsYA)
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Gereja Notre Dame terbakar! Berita itu membuat banyak orang prihatin dan sedih. Bangunan ikonik yang menjadi salah satu landmark Paris itu bukan sekadar gereja. Ada nilai sejarah dan kisah panjang yang menyertai. Mulai dibangun 1160 dan baru benar-benar bisa diselesaikan hampir 200 tahun kemudian.

Notre Dame menjadi detak jantung Paris pada abad pertengahan. Namanya kian mendunia, ketika pada 1831, Victor Hugo merilis kisah klasik Si Bongkok dari Notre Dame yang kemudian diangkat ke layar lebar oleh Disney.

Setiap tahun jutaan wisatawan yang datang ke Paris hampir bisa dipastikan menyempatkan diri menjelajahi bangunan bergaya arsitektur gothic yang disebut-sebut terindah di dunia itu. Puncak-puncak menaranya dramatis, dilengkapi dengan kaca-kaca patri indah, pilar-pilar besar, dan berbagai karya arsitektur serta interior bernilai seni tinggi.

Di malam hari, bangunan yang berdiri di tepi Sungai Seine itu, tak kehilangan kemegahan, keanggunan, dan keindahannya. Dari tepian sungai atau dari atas kapal wisata yang berlayar mengelilingi sungai, keanggunan Notre Dame terlihat nyata di bawah siraman lampu-lampu.

Maka, bisa dimengerti jika banyak orang terkejut, prihatin, dan sedih mendengar kabar Notre Dame terbakar (16/4). Kebakaran besar itu meruntuhkan salah satu menara legendaris, meski sudah ditangani sekitar 400 petugas pemadam kebakaran.

Presiden Prancis Emmanuel Macron langsung datang ke lokasi dan menyebut sebagai tragedi mengerikan. Dalam pidatonya dia bertekad akan segera melakukan perbaikan dan meluncurkan kampanye penggalangan dana secara nasional mau pun internasional, untuk membangun kembali kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat kebakaran tersebut.

Selain masyarakat umum, terutama warga Prancis, banyak tokoh-tokoh dunia, gereja, hingga selebritas yang mengungkapkan keterkejutan, kesedihan, dan rasa terpukul begitu membaca dan melihat berbagai gambar tentang terbakarnya Notre Dame.

Sampai sekarang, belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut. (*)

KOMENTAR