ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Potensi Oleh-Oleh di Kubu Raya

Senin , 15 April 2019 | 00:08
Potensi Oleh-Oleh di Kubu Raya
Foto: okaydoc.com

ARAHDESTINASI.COM: Desa Mangkalang, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kallimantan Barat (Kalbar), memiliki berbagai potensi hasil pertanian dan perkebunan yang tergolong melimpah, seperti kelapa, jagung dan ubi. Semua potensi itu diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan, berupa steak, keripik, dodol dan kerupuk yang memiliki cita rasa gurih atau nikmat.

"Saya bersama ibu-ibu lain di desa ini secara mandiri dengan bimbingan tim dari Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Kemitraan Partnership ingin mencari tambahan penghasilan. Apalagi untuk bahan baku sangat tersedia di desa kami ini," kata Nurlaila Wati, salah seorang warga di Desa Mangkalang seperti dikutip Antara, baru-baru ini.

Sebagai salah satu penggagas pengolahan usaha makanan tersebut, Nurlaila menjelaskan bahwa sebelum memulai usaha, dirinya telah mendapatkan semacam pelatihan dari personel BRG dan Kemitraan Partnership tentang pengolahan makanan dengan memanfaatkan kekayaan komoditas pertanian dan perkebunan yang telah tersedia di Desa Mangkalang itu.

"Dulunya hasil pekebunan di desa ini, seperti kelapa hanya dijual mentahnya dan hanya dijadikan kopra. Begitu juga dengan jagung dan ubi, sehingga harga jualnya sangat rendah, tidak sesuai dengan harapan para petani. Namun, dengan diolah menjadi makanan, kami berharap potensi perkebunan ini bisa memiliki nilai jual yang lebih baik dibandingkan dengan yang hanya dijual ketika masih bahan mentah," katanya.

Saat ini, ujar Nurlaila, kelapa, jagung dan ubi sudah diolah menjadi makanan siap saji yang dikemas dengan baik oleh masyarakat. "Usaha kami ini dimulai sejak sekitar bulan November 2018 dan hingga kini kami terus memperbaiki kualitas, baik dari segi pengolahan, cita rasa, penampilan dan pengemasan dan yang paling penting pemasaranya. Saat ini hasil olahan kami ada keripik jagung, kerupuk ubi, dodol dari jagung dan kelapa," katanya.

Meskipun belum secara signifikan hasil yang didapat, namun kelompok ibu-ibu Desa Mangkalang sudah mulai merasakan manfaat.

BUMDes
Kepala Desa Mangkalang Agustar mengatakan bahwa pemerintah desa akan terus menerus memberikan motivasi serta akan menyisihkan anggaran untuk membantu permodalan bagi kelangsungan usaha kelompok ibu-ibu di desa tersebut.

"Untuk mengembangkan setiap usaha yang sangat penting bagaimana adalah melakukan promosi. Kami tetap akan membantu, mungkin melalui BumDes, tidak hanya dalam permodalan, namun juga dibidang pemasaran hasil olahan. Kalau untuk usaha menyejahtarakan masyarakat, kami tetap ikut membantu, baik itu yang dilakukan para ibu-ibu, pemuda dan yang lainnya," kata Agustar.

Saat ini, kata Agustar, untuk membantu usaha para ibu-ibu itu, Pemdes Mangkalang juga telah menyiapkan beberapa alat penunjang untuk pengolahan usaha makanan ringan tersebut.

"Untuk permodalan mereka kami bantu melalui program dana BumDes dalam bentuk pinjaman modal. Dan saya berharap ke depan hasil produksi makanan ibu-ibu itu akan dibeli oleh BumDes dan BumDes yang nantinya akan memasarkan keluar daerah agar usaha itu semakin berkembang," kata Agustar. (*)

Editor : Farida
KOMENTAR