Jumat, 29 Maret 2024

Garuda Berkomitmen Dukung Kualanamu sebagai Hub Penerbangan


  • Jumat, 22 Maret 2019 | 23:33
  • | News
 Garuda Berkomitmen Dukung Kualanamu sebagai Hub Penerbangan Foto: indotelko.com

ARAHDESTINASI.COM: Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmen pengembangan Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan domestik wilayah Barat dan Asia Tenggara.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, “Bandara Internasional Kualanamu memiliki modal utama sebagai hub internasional dan domestik kedua di Indonesia selain Bandara Internasional Soekarno Hatta. Kami akan terus mengembangkan Kualanamu sebagai hub penerbangan untuk pariwisata yang terhubung dengan kota-kota internasional di kawasan Asia Tenggara,” ujar Direktur Utara Garuda Indonesia Ari Askhara, belum lama ini.

Medan, terang Ari, memiliki letak strategis, sehingga menjadi pintu gerbang Indonesia bagian barat. Medan juga berpotensi sebagai basis hub penerbangan internasional, karena posisinya berdekatan dengan Singapura dan Kuala Lumpur, pusat perekonomian di Asia Tenggara.

"Tentunya perlu dukungan semua pihak agar Kualanamu bisa menjadi pintu masuk wisatawan asing ke Indonesia barat atau wilayah Indonesia lainnya. Kualanamu harus menjadi hub yang penting untuk mengimbangi bandara Singapura dan Kuala Lumpur,” ujar Ari.

Pada 2018, disebutkan pergerakan penumpang mencapai 10 juta penumpang, 10 persen di antaranya merupakan penumpang internasional. Jumlah itu bisa terus meningkat karena potensi pasar angkutan penumpang di Bandara Kualanamu masih terbuka luas.

Apalagi didukung dengan rencana AP II yang akan mengembangkan infrastruktur dan kapasitas. Pada 2027, Bandara Internasional Kualanamu diproyeksikan dapat menampung lebih dari 47 juta penumpang.

Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan pihaknya menyambut baik komitmen Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier dalam memperkuat Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan penunjang Garuda Indonesia di wilayah Indonesia Barat.

“Komitmen memperkuat jaringan penerbangan Bandara Internasional Kualanamu tersebut juga terus kami optimalkan melalui penjajakan sinergi komersial bersama sejumlah mitra strategis internasional agar nantinya Bandar Internasional Kualanamu dapat memiliki daya saing internasional melalui berbagai keunggulan infrastruktur dan kapasitas penerbangan,” tutur Awaluddin. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru