ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Museum Penerangan Targetkan 80 Ribu Pengunjung

Rabu , 27 Februari 2019 | 00:19
Museum Penerangan Targetkan 80 Ribu Pengunjung
Foto: 60museum.blogspot.com
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Museum Penerangan yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenko Kominfo menargetkan sekitar 70.000 hingga 80.000 pengunjung selama tahun 2019.

"Sebetulnya target yang dituangkan dalam program kerja hanya 60 ribu, namun dengan bertambahnya anggaran jumlah pengunjung mau tidak mau harus bertambah, paa kisaran 70 hingga 80 ribuan orang pengunjung untuk tahun 2019 ini," kata Kepala Museum Penerangan Abdullah, disela-sela kegiatan Travel Dialog Ayo ke Muspen! Potensi Wisata Edukasi melalui Museum, di Kota Bandung, baru-baru ini.

Abdullah mengatakan jumlah pengunjung Museum Penerangan selama tahun 2018 mencapai 63.591 orang dan jumlah tersebut mencakup rombongan yang dibawa oleh agen travel di berbagai kota di Pulau Jawa.

Ia mengatakan pihaknya menyasar masyarakat umum untuk berkunjung ke Museum Penerangan yang terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Menurut dia, selama ini sekitar 80 persen pengunjung museum tersebut berasal dari kalangan pelajar.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung, maka pihaknya melakukan berbagai upaya, termasuk Travel Dialog. "Kami dari Muspen juga ingin mengedukasi para agen travel tentang pentingnya wisata edukasi museum dan apa saja potensi yang bisa dikembangkan dari tur ke museum," kata dia seperti dikutip Antara.

Untuk informasi kunjungan, kata dia, agen travel dapat melakukan reservasi melalui call center Muspen yaitu 0812 92 1234 00 atau bisa menghubungi media sosial Muspen yaitu instagram (museumpenerangan), twitter (muspen_kominfo), facebook (museumpenerangan dan website (muspen.kominfo.go.id).

Travel Dialog tersebut mengundang 50 agen travel yang ada di Jawa Barat, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia/ Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Indonesian Tour Leaders Association (ITLA), Asosisasi Museum Indonesia Daerah Jawa Barat (AMIDA JABAR). Diundang juga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Kambali (Ketua Komunitas Historia Indonesia) dan Duta Museum Penerangan. (*)

KOMENTAR