ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Bandung Kini Punya Mal Pusat Kerajinan UMKM

Minggu , 17 Februari 2019 | 15:53
Bandung Kini Punya Mal Pusat Kerajinan UMKM
Foto: pikiranrakyat.com
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Kota Bandung, Jawa Barat memang sangat memanjakan wisatawan. Kali ini, para penggemar belanja dimanjakan dengan hadirnya Rupa Rupi Handycraft Market, pusat kerajinan pertama dan terbesar yang menampilkan produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pusat perbelanjaan Rupa Rupi Handycraft terletak di Jl Ahmad Yani, berdekatan dengan Terminal Cicaheum. Wisatawan bisa berbelanja aneka kerajinan dari berbagai daerah di Jawa Barat. Nantinya, Rupa Rupi Handycraft juga akan menjual berbagai bahan kerajinan yang diharapkan bisa mendorong kreativitas masyarakat.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil, mengatakan bahwa kehadiran mal kerajinan tersebut merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pelaku UMKM di Jawa Barat, karena selama ini mereka harus memasarkan produknya lewat acara pameran.

“Kehadiran pusat perbelanjaan kerajinan ini akan memudahkan mereka memasarkan produk dan membuat produk mereka lebih dikenal di tingkat nasional dan internasional,” katanya di Bandung saat membuka Rupa Rupi Handycraft belum lama ini.

Saat ini, menurut Direktur PT Gita Adhitya Graha Henry Purwanto yang menjadi pengelola Gedung Rupa Rupi Handycraft, ada 369 tenan UMKM yang bergabung di gedung tersebut. "Kami berkolaborasi dengan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia Jawa Barat untuk membuat gedung ini sebagai pusat UMKM," katanya.

Hendry mengatakan setiap UMKM yang membuka tenan di Rupa Rupi Handycraft juga didorong untuk membidik pasar online. (*)

KOMENTAR