Sabtu, 20 April 2024

Kopi Maraddia, Legenda Baru Oleh-Oleh Khas Sulawesi Barat


  • Kamis, 14 Februari 2019 | 22:55
  • | News
 Kopi Maraddia, Legenda Baru Oleh-Oleh Khas Sulawesi Barat Foto: Dok kopimandar.com

ARAHDESTINASI.COM: Kopi seringkali jadi produk yang dibeli saat traveling, entah untuk dikonsumsi sendiri atau menjadi oleh-oleh. Belakangan, barangkali merasakan semakin banyak rekan yang titip kopi lokal, ketika kita pergi traveling mau pun tugas ke suatu daerah.

Hampir setiap daerah di Indonesia memang memiliki kopi khas dengan cita rasa berbeda-beda. Begitu juga di Tanah Mandar, Sulawesi Barat. Daerah itu kini punya produk kopi cap Maraddia yang proses pembuatannya terjaga, mulai dari masa tanam, petik, hingga pengolahan.

Kopi Maraddia diolah oleh generasi muda di Polewali Mandar menggunakan teknik terbaik untuk menghadirkan cita rasa kopi yang eksotis. Tidak mengherankan jika Kopi Maraddia kini menjadi salah satu oleh-oleh favorit.

Usaha kopi cap Maraddia mempunyai beberapa jenis produk di antaranya kopi bubuk robusta, kopi bubuk arabica, kopi blend, green bean baik robusta maupun arabica. Kopi Cap Maraddia memiliki aroma yang khas, mampu menjadi stimulan semangat di pagi hari.

Karena bahan baku kopi dipetik dalam kondisi merah matang sempurna, maka kandungan pholyfenolnya masih tinggi. Pholyfenol merupakan zat anti radikal bebas dan anti penuaan dini hingga para peminum Kopi Maraddia selalu tampak awet muda.

Kopi cap Maraddia disebut-sebut memiliki tingkat kematangan sangrai hingga level dark city sehingga memberikan cita rasa yang kompleks. Fragrance, flavour, acidity dengan body yang lebih soft hingga lebih nimat diseruput meskipun tanpa pemanis.

Para punggawa Kopi Cap Maraddia pernah mengikuti Program Inkubasi Bisnis bidang Produksi dan Pemasaran yang diselenggarakan oleh Subdit Inovasi dan Penerapan Teknologi, Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT. Mereka berlatih meningkatkan kualitas produksi dan perluasan pemasaran produk melalui online-marketing.

Kini, kopi cap Maraddia mampu menembus pasar dunia, seperti Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Jerman, dan Belgia. Tak berlebihan jika Kopi cap Maraddia dianggap sebagai legenda baru kopi Mandar. Jika Anda berlibur ke Sulawesi barat, jangan lupa membeli oleh-oleh kopi cap Maraddia. (*)

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru