Jumat, 19 April 2024

Rp700 Juta untuk Kembangkan Homestay di Desa Wisata Samiran


  • Selasa, 12 Februari 2019 | 22:44
  • | News
 Rp700 Juta untuk Kembangkan Homestay di Desa Wisata Samiran Foto: boyolali.go.id

ARAHDESTINASI.COM: Desa Wisata Samiran Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mendapat bantuan pembiayaan homestay senilai Rp700 juta dari PT Sarana Multiguna Finansial (SMF).

Pembiayaan itu belum lama ini dilakukan melalui penandatanganan kerjasama antara PT SMF yang diwakili oleh Direktur SMF Trisnadi Yulrisman dan Ketua Badan Usaha Umum Desa (BUMdes) Samiran Widodo. BUMDes dipilih sebagai pelaksana pembangunan, pengembangan, dan pengelolaan homestay. “Akan ada 50 homestay yang dikembangkan,” terang Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo.

Bantuan dari SMF akan disalurkan melalui BUMDes, dan BUMDes akan penyalurkan biaya ke pemilik penginapan sesuai kebutuhan. SMF juga mengembangkan kerja sama serupa di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Yogyakarta, dengan nilai Rp1,6 miliar. Kedua desa ini, menjadi percontohan dan dipilih karena mempunyai kelebihan masing-masing.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Samiran Dayang Nevia Afriyansari, kepada Antara mengatakan, potensi wisata di kawasan Selo sangat luas, dimana rata-rata setiap tahun tercatat ada sekitar 5.000 okupansi homestay, baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Jika ada event besar, jumlah homestay tidak mampu menampung pengunjung yang akan menginap. Menurut Dayang, penginapan di Selo lebih ditujukan untuk keluarga atau rombongan.

Pengembangan penginapan ke depan menurut Dayang sangat menjanjikan untuk kesejahteraan masyarakat. Karena itu, kawasan tersebut akan dikembangkan oleh pemerintah baik dari daerah maupun pusat. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru