ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Rinjani Sudah Bisa Didaki Lagi

Rabu , 21 November 2018 | 10:34
Rinjani Sudah Bisa Didaki Lagi
Foto: http://rinjaninationalpark.com/

ARAHDESTINASI.COM: Kini, Gunung Rinjani sudah bisa didaki lagi. Wisatawan bisa menikmati keindahan lewat jalur pendakian yang melewati Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Jalur pendakian Aik Berik merupakan satu dari empat jalur pendakian yang ditutup pascagempa bumi Lombok beberapa waktu lalu. Tiga jalur lainnya sampai sekarang masih ditutup, yakni jalur pendakian Timbanuh dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur dan jalur pendakian Senaru di Lombok Utara.

Pembukaan jalur pendakian Aik Berik dilakukan Bupati Lombok Tengah Moh Suhaili,  dirangkai dengan peluncuran program e-Rinjani bersama Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono

Ke depan, direncanakan akan ada lima titik jalur pendakian di Lombok Tengah, yaitu dari Desa Karangsidmen, Desa Lantan, Desa Seteling, dan Desa Aik Bual. Jalur tersebut nantinya akan bertemu di satu titik batas wilayah Gunung Rinjani yang dikelola oleh TNGR.

"Jalur pendakian ini nanti yang terindah, ternyaman, dan termodern sedunia. Ini juga bisa jadi penyeimbang antara pengembangan pariwisata di selatan dengan di utara," terang Suhaili.

Lewat jalur pendakian di desa ini, para pendaki dapat menikmati obyek wisata seperti air terjun, padang savana, dan keindahan alam lainya. Pengelola juga melengkapi dengan fasilitas pendukung lainya seperti penunjuk arah, serta porter pembawa barang dan pemandu. (*)

KOMENTAR