ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Paspor Jepang Paling Sakti Sedunia

Minggu , 14 Oktober 2018 | 22:31
Paspor Jepang Paling Sakti Sedunia
Foto: straitstimes.com

ARAHDESTINASI.COM: Paspor Jepang saat ini paling sakti sedunia, mengambil alih posisi Singapura. Dua negara itu sempat menduduki posisi yang sama pada kuartal pertama indeks kekuatan paspor yang dikeluarkan Henley & Partner Passpor Index 2018, sebelum akhirnya pada kuartal ketiga Jepang menggeser Singapura dengan indikator akses bebas visa dan visa on arrival di 190 negara tujuan.

Jepang menempati posisi pertama setelah mendapat fasilitas bebas visa dari Myanmar. Singapura menduduki posisi kedua dengan jumlah fasilitas bebas visa dari 189 negara. Jerman pada Februari 2018 seperti diinformasikan siaran pers  Henley Passport Index 2018, sempat menduduki posisi kedua dan kini berada di posisi ketiga. Jerman yang sejak 2014 menduduki posisi pertama, kuartal ketiga tahun ini turun dua peringkat, berbagi posisi dengan Korea Selatan dan Prancis.

Prancis naik dari posisi keempat ke posisi ketiga setelah memperoleh akses bebas visa ke Uzbekistan. Sementara Korea Selatan pindah dari tempat ke-4 ke posisi ke-3 pada 1 Oktober ketika memperoleh akses bebas visa ke Myanmar. Jerman, Prancis, dan Korea Selatan semuanya memiliki skor fasilitas bebas visa dan visa on arrival di 188 negara.

Irak dan Afghanistan menurut Henley Passport Index, terus memegang posisi paling bawah di peringkat 106 dengan hanya memiliki 30 negara.

Amerika Serikat dan Inggris turun satu peringkat dari posisi keempay ke posisi kelima dengan 186 negara yang bisa diakses dengan fasilitas bebas visa. Kedua negara itu sempat menduduki posisi pertama pada 2015.

Rusia menempati posisi ke-47 setelah menemerima visa waiver dari Taiwan. Meski demikian, posisi Rusia jatuh satu peringkat dari 46 ke 47. Paspor China mendapat dua fasilitas baru dari St Lucia dan Myanmar. Namun, kekuatan indeks paspor China jatuh dua tempat pada kuartal ketiga tahun ini, dari posisi 69 menjadi 71.

Henley Passport Index mencatat perkembangan menakjubkan dari Uni Emirat Arab (UEA) yang pada 2006 menempati posisi ke-62, dan sekarang menduduki posisi ke-21. Paspor UEA menjadi paspor paling sakti di kawasan Timur Tengah.

Indonesia kuartal ke-3 tahun 2018 menempati posisi ke-72, dengan jumlah negara yang memberi fasilitas bebas visa dan visa onarrival sebanyak 73 negara. (*)

KOMENTAR