ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Jelang Olimpiade 2020, Jepang Luncurkan #ArigatoGuide

Kamis , 16 Agustus 2018 | 12:50
Jelang Olimpiade 2020, Jepang Luncurkan #ArigatoGuide
Foto: #ArigatoGuide

ARAHDESTINASI.COM: Jepang baru saja meluncurkan program #ArigatoGuide, proyek pencarian sukarelawan (volunteer-matching) yang didukung Dai Nippon Printing Co. Ltd, West Japan Railway Company, dan Mirairo Inc.

Program yang dibuat untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan dan jelang Olimpiade 2020 di Jepang ini, menghubungkan berbagai orang yang berkebutuhan khusus (pengguna kursi roda, orang tua dengan kereta dorong bagi bayi, penduduk lansia, wisatawan asing dengan sukarelawan terdekat yang bisa memberi bantuan.

Program ini tengah uji lapangan di Stasiun JR Osaka mulai 3 hingga 31 Agustus 2018. Uji lapangan ini menghubungkan penduduk dan wisatawan yang membutuhkan bantuan karena belum mengenal stasiun Osaka dengan para relawan. Saat ini uji lapangan memanfaatkan LINE, sebagai perangkat komunikasi dan LINE Beacon untuk melacak lokasi agar dapat menemukan para pemberi bantuan dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Disadari, menjelang Olimpiade 2020 Tokyo, lebih banyak infrastruktur yang dibutuhkan guna mendukung lonjakan jumlah wisatawan asing. Proyek #ArigatoGuide diharapkan dapat meringankan tugas para pekerja stasiun kereta api dan waktu tunggu di pusat informasi wisatawan dengan menggunakan tenaga dari sukarelawan setempat.

Dalam uji coba lapangan, diinformasikan bagaimana cara berpartisipasi menjadi volunteer dan bagaimana memanfaatkan program ini bagi yang membutuhkan bantuan.

1. Mendaftar di akun '&HAND'
Silakan menambahkan akun '&HAND' sebagai teman di LINE. Ketika menambahkannya, Anda dapat memilih status "yang membutuhkan bantuan" (side that needs help) atau "pemberi bantuan" (supporter side) lalu daftarkan diri.

2. Mencocokkan para pemberi bantuan dengan permintaan bantuan
Ketika seseorang yang telah menambahkan akun LINE '&HAND' mengetik lokasi tertentu di Stasiun JR Osaka, pesan akan terkirim secara otomatis dari akun &HAND untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka telah memasukkan lokasi yang dituju dari chatbot LINE. Mereka yang membutuhkan bantuan dapat meminta bantuan dan para pemberi bantuan di lokasi yang sama akan membantu permintaan tersebut lewat LINE. Fitur chatbot juga akan mengirimkan jenis bantuan yang dibutuhkan sambil memandu para pemberi bantuan ke lokasi orang yang membutuhkan bantuan. Fitur chatbot menggunakan bahasa Jepang dan Inggris sehingga dapat dipakai baik bagi pengunjung setempat dan asing di Jepang.(*)

 

KOMENTAR