ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Menparekraf Sebut Mudik Lebaran Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah

Selasa , 26 April 2022 | 20:53
Menparekraf Sebut Mudik Lebaran Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (25/4/2022). (Tangkapan Layar)
POPULER

JAKARTA, ARAHDESTINASI.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan mudik Lebaran menjadi momentum kebangkitan ekonomi daerah karena Rp 72 triliun yang akan teralokasi dalam beberapa minggu ke depan dan bisa digunakan untuk kebangkitan destinasi-destinasi wisata maupun juga sentra ekonomi kreatif

“Mudik ini kalau kita lihat, sebanyak 80 juta pemudik, yang diprediksi 40 juta pemudik yang akan berwisata. Total Rp72 triliun ini harus diantisipasi baik oleh rekan-rekan industri dan juga ada jalur alternatif, Jalur lingkar selatan (JLS) yang dipersiapkan juga ada destinasi-destinasi wisata maupun sentra ekonomi kreatif termasuk kuliner. Saya melihat ini menjadi potensi kita ke depan untuk bangkit buka peluang usaha dan lapangan kerja tercipta. Dan Pemerintah harus hadir dan memastikan mudik ini aman, mudik lancar, mudik nyaman dan mudik sehat, ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Menurut Sandiaga Uno, desa-desa wisata juga menjadi menarik di tengah prosesi mudik. “Karena jika dikemas dengan asyik, Insya Allah ini akan menjadi destinasi yang unik, berarti harus ada homestay, harus ada atraksi yang baik. Tentunya kesiapan CHSE dan prokes. Ini sejalan dengan program kita Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022,”tambahnya.

Sandiaga Uno menganggap libur Lebaran di desa wisata ini  dapat memecah kemacetan karena memiliki alur yang sedikit terdeviasi dari alur mudik biasanya.

“Misalnya di Jawa Barat nanti di Majalengka, Subang, maupun di Cirebon (bisa ke) desa (wisata) Gegesik Kulon. Kalau di Jawa Tengah itu seputar Borobudur banyak sekali desa-desa wisata,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers mingguan, di Jakarta, Senin.

Khusus Borobodur, Sandiaga menyatakan destinasi wisata itu menarik banyak perhatian orang sehingga Wakil Presiden Ma’ruf Amin memutuskan untuk mengadakan kunjungan kerja dalam rangka memastikan persiapan kawasan pariwisata tersebut.

Dalam hal ini, pihaknya turut berpartisipasi untuk mempersiapkan wisata di Borobudur dengan kolaborasi bersama Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 agar layak dikunjungi wisatawan.

“Ini gak bisa kita lakukan sendiri. Ini lintas kementerian/lembaga, lintas pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan juga Pentahelix,” ungkap Sandiaga.

Adanya liburan pada saat Lebaran tahun 2022 dinilai akan meramaikan destinasi unggulan di setiap kabupaten/kota.

“Misalnya kalau di Jakarta yang bisa diprediksi Ancol, Ragunan, Taman Mini, dan mungkin di seputar destinasi-destinasi yang selama ini menjadi favorit,” ucapnya.Meninjau data statistik tahun 2020, lanjut dia, pengeluaran wisatawan nusantara (wisnus) mencapai rata-rata Rp1,5 juta per orang, sehingga diperkirakan total pengeluaran para pemudik yang mengunjungi tempat wisata tahun ini mencapai Rp72 triliun.

“Saya mengajak wisatawan domestik kita agar liburan di dalam negeri saja. Kita harus selamatkan 11 miliar dolar AS yang selama ini dibelanjakan wisatawan Indonesia ke luar negeri,” kata Sandiaga Uno.

 

Reporter: Maria Rita Ilse

Editor : Farida
KOMENTAR