ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Masuk Indonesia Kini Tanpa Karantina

Senin , 21 Maret 2022 | 21:49
Masuk Indonesia Kini Tanpa Karantina
Foto ilustrasi: skytraxrating.com
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Pemerintah memutuskan untuk memerluas kebijakan tanpa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ke seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan, pelaku perjalanan hanya diharuskan menjalani entry PCR Test. “Surat edaran Satgas Covid-19 mengenai kebijakan ini akan segera dikeluarkan minggu ini,” papar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (21/3).

Menurut Sandiaga, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan tersebut setelah melihat dan mengevaluasi hasil uji coba tanpa karantina yang sebelumnya sudah diberlakukan di Bali, Batam, dan Bintan.

“Kebijakan ini diambil melihat kelancaran uji coba di Bali, Batam, dan Bintan. Dalam uji coba tersebut angka positive rate covidnya nya turun, begitu juga dengan reproductive ratenya,” ujarnya.
Berkaitan dengan kebijakan tanpa karantina tersebut, pemerintah akan memerkuat kegiatan tracing dan testing. Sandiaga meminta masyarakat jangan lengah dalam penerapan protokol kesehatan. Dia juga meminta agar penggunaan Peduli Lindungi terus ditingkatkan.

“Belakangan angka penggunaan Peduli Lindungi menurun. Ini harus kembali ditingkatkan. Jangan lupa untuk melakukan check in QR code,” tegas Sandiaga.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga menyinggung kebiajakn visa on arrival yang mencakup 42 negara. "Dengan adanya kebijakan tanpa karantina ini, kami akan mensupport dengan promosi, terutama di negara-negara yang menjadi pasar besar Indonesia," katanya. (*)

 

KOMENTAR