Jumat, 19 April 2024

Bepergian Lewat Bandara Ngurah Rai dan Soeta harus Unduh Aplikasi PeduliLindungi


  • Selasa, 13 Juli 2021 | 20:49
  • | News
 Bepergian Lewat Bandara Ngurah Rai dan Soeta harus Unduh Aplikasi PeduliLindungi Foto: Dok Arah Destinasi

ARAHDESTINASI.COM: Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mulai menerapkan pemeriksaan dokumen kesehatan pelaku perjalanan secara terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

“Calon penumpang dari dan ke Bandara Ngurah Rai diimbau mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan mengunggah dokumen kesehatan ke aplikasi serta mengisi e-HAC melalui aplikasi tersebut,” ujar Direktur PT Angkasa Pura I Faik Fahmi melalui keterangan tertulis.Faik mengatakan, Bandara I Gusti Ngurah Rai bersama dengan Bandara Soekarno Hatta menjadi pilot project dari penerapkan penerapan dokumen kesehatan secara terintegrasi.

“Kebijakan ini berlaku mulai hari ini 13 Juli 2021. PT Angkasa Pura I (mulai melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan integrasi dokumen kesehatan pelaku perjalanan udara dari layanan kesehatanyang telah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan melalui sistem New All Record (NAR) ke dalam aplikasi PeduliLindungi,” ujarnya.

Faik Fahmi menjelaskan, implementasi kebijakan tersebut didasarkan atas Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Melalui integrasi ini, pelaku perjalanan udara yang akan berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali diwajibkan untuk mengunduh dan melakukan registrasi akun pengguna pada aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini telah tersedia untuk telepon pintar berbasis Android dan iOS.

Adapun dokumen kesehatan yang terintegrasi melalui sistem NAR ke dalam aplikasi PeduliLindungi adalah surat keterangan hasil tes negatif RT-PCR atau rapid test antigen, serta sertifikat vaksinasi dari calon penumpang pesawat udara.

Ia mengatakan, dengan diberlakukannya kebijakan integrasi, dokumen kesehatan telah secara otomatis terunggah ke dalam aplikasi PeduliLindungi yang telah terinstal di perangkat telepon pintar calon penumpang. Selain itu, aplikasi Electronic Health Alert Card (e-HAC) juga telah terintegrasi ke dalam aplikasi PeduliLindungi.

Calon pelaku perjalanan udara cukup menunjukkan barcode yang tersedia di aplikasi tersebut kepada petugas verifikasi yang bertugas di pintu masuk Terminal Keberangkatan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru