Selasa, 05 Maret 2024

Bagaimana Jadinya Jika Jam Gadang Dilengkapi Teknologi Virtual Reality?


  • Sabtu, 24 April 2021 | 09:40
  • | News
 Bagaimana Jadinya Jika Jam Gadang Dilengkapi Teknologi Virtual Reality? Foto: Dok Kemenparekraf

ARAHDESTINASI.COM: Bayangkan bagaimana kian megah dan uniknya jika Jam Gadang yang jadi ikon Kota Bukittinggi, Sumatra Barat dilengkapi dengan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut sudah saatnya Jam Gadang dilengkapi dengan inovasi AR agar semakin menarik banyak wisatawan dan seiring dengan perkembangan zaman.

"Jam Gadang sudah saatnya dilengkapi dengan VR (virtual reality) dan Augmented Reality (AR) sehingga orang-orang tetap bisa merasakan sensasinya tanpa harus naik ke atas. Semua pihak terkait dapat berkoordinasi untuk mewujudkan ini dan membuatnya agar bagaimana wisatawan bisa merasakn sensasi naik ke atas Jam Gadang tadi," kata Sandiaga ketika melakukan kunjungan (22/4).

Dalam kunjungan itu, Sandiaga melihat kemegahan Jam Gadang yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia-Belanda. Menparekraf juga berkesempatan masuk dan menaiki tangga hingga puncak menara, didampingi Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

"Luar biasa pemandangannya, Jam Gadang ini sangat ikonik. Ada satu kemegahan tersendiri bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Singgalang dari ketinggian menara. Supaya semua orang bisa menikmati, sudah saatnya dilengkapi dengan VR,” ujarnya. (*)

Editor : Lintang Rowe

News Terbaru