Jumat, 29 Maret 2024

Awal Puasa Serial Kartun Ini Budi bisa Dinikmati Gratis


  • Selasa, 06 April 2021 | 21:28
  • | News
 Awal Puasa Serial Kartun Ini Budi bisa Dinikmati Gratis Foto: Istimewa

ARAHDESTINASI.COM: Serial kartun Ini Budi yang mengangkat keberagaman di Indonesia, bisa segera disaksikan secara gratis melalui akun instagram @kartuninibudi dan channel youtube kartun Ini Budi

Penayangan kartun yang mengangkan persahabatan lima anak berbeda suku, agama dan budaya ini bisa disaksikan pada tanggal 13 April 2021, bertepatan dengan hari pertama puasa.

Dengan dukungan penuh dari Indika Foundation, Paragon Pictures berkolaborasi dengan Ideosource Entertainment dan Inibudi.org, menunjukkan kembali eksistensinya di dunia perfilman Tanah Air, dengan merilis serial kartun berjudul Ini Budi.

Serial ini memiliki misi untuk memberikan tontonan tentang kebhinekaan sejak usia dini. Judul Ini Budi diambil dari nama yang telah melegenda di buku pelajaran Bahasa Indonesia era tahun 1980-an.

Berkisah tentang persahabatan 5 orang anak berusia 9 tahun bernama Budi, Iwan, Wati, Beta, dan Ni Luh, yang berbeda suku, budaya, bahasa, sosial, ekonomi, dan agama. Keragaman inilah yang membuat setiap episodenya menarik.

 

Screen Shot 2021-04-06 at 9.33.06 PM

 

Selain itu, ada sosok Ibu Nur, pemilik warung yang selalu dijadikan tempat istirahat oleh Budi dan kawan-kawannya usai bermain di lapangan kecamatan Bumi Damai Indah.

Indika Foundation selaku pendukung utama kartun ini, mengatakan setidaknya ada dua aspek yang membuat pihaknya tertarik untuk terlibat dalam serial kartun Ini Budi.

"Pertama, hadirnya sosok anak-anak yang berbeda latar belakang, namun dapat berteman dengan asyik. Kedua, ceritanya memuat nilai-nilai baik seperti empati, tidak berburuk sangka, hingga toleransi. Nilai-nilai ini sesuai dengan misi yang diusung oleh Indika Foundation, dan dapat menjadi bekal positif bagi penonton anak-anak saat kelak hidup di tengah masyarakat," jelas Ayu Kartika Dewi, Managing Director Indika Foundation.

Paragon Pictures selaku rumah produksi serial kartun Ini Budi menyambut baik dukungan dari Indika Foundation. “Bukan hanya karena animasi original IP dari Indonesia sangat langka, tetapi juga karena semangat Bhinneka Tunggal Ika yg diusung, “ ujar Robert Ronny, CEO Paragon Pictures.

Produser Paragon Pictures, Ellen Xie mengungkapkan, pengetahuan tentang keberagaman, toleransi dan kebhinekaan dari sejak usia dini tidak hanya tergambar dari sisi cerita, tapi dibalik proses produksi pun, semangat kebhinekaan juga terlihat.

“Kami melibatkan teman-teman dan adik-adik dari berbagai daerah untuk menyelesaikan serial kartun Ini Budi. Semoga karya yang kami kerjakan dengan sepenuh hati dapat diterima dan dapat memberikan gambaran bahwa keberagaman membuat semuanya menjadi lebih berwarna dan saling melengkapi,” ujarnya.

Sementara itu, Inul Daratista yang dipercaya mengisi suara sosok Ibu Nur, mengaku senang dapat menjadi bagian dari film yang memiliki pesan positif.

”Film animasi anak di Indonesia masih sangat kurang, apalagi yang bertema tentang kebhinekaan. Aku senang terlibat, di sini. Karena serial animasi ini bisa mengedukasi anak-anak kita tentang kebhinekaan di Indonesia,” ujarnya.

Praktisi pendidikan Najelaa Shihab yang juga founder IniBudi.org, melihat pentingnya film sebagai kekuatan untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan.

“Dengan serial kartun Ini Budi, anak-anak dilatih untuk mengembangkan empati, untuk berjumpa dengan berbagai karakter yang menambah keluasan sudut pandangnya, untuk mengenal Indonesia dengan segala keunikan dan keragamannya.” Jelasnya. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru