ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Papua Barat akan Beri Santunan pada Pemandu Wisata

Minggu , 19 April 2020 | 21:33
Papua Barat akan Beri Santunan pada Pemandu Wisata
Foto: wikupedia.org
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Pemerintah Provinsi Papua Barat akan memberikan santunan bagi pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang kehilangan mata pencaharian sejak wabah virus corona (COVID-19) melanda Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Yusak Wabia di Manokwari, seperti dilansir Antara, mengatakan industri pariwisata di Papua Barat lumpuh total sejak virus corona melanda Indonesia.

Dia mengatakan pemandu wisata yang merupakan ujung tombak pariwisata tentunya tidak bisa bekerja karena tidak ada wisatawan yang datang mengunjungi daerah-daerah wisata Papua Barat akibat virus corona.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mengupayakan agar pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) mendapat santunan untuk meringankan beban hidup di tengah kondisi wabah saat ini.

"Santunan seperti apa, dan dalam bentuk apa, akan dibicarakan dengan Gubernur Papua Barat. Yang pasti pemandu wisata harus diberikan perhatian di tengah situasi seperti sekarang," ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah HPI Papua Barat Matias Rumbruren yang memberikan keterangan terpisah mengatakan pemandu wisata menggantungkan hidup pada aktivitas memandu wisatawan yang berkunjung ke Papua Barat.

Menurut dia, sejak virus corona melanda Indonesia dan aktivitas penerbangan ditutup bagi wisatawan, para pemandu wisata kehilangan mata pencarian dan mencari pekerjaan alternatif untuk menyambung hidup.

Ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat yang akan memberikan santunan bagi para pemandu wisata di wilayah Papua Barat.

"Kami berharap santunan nantinya diberikan kepada pemandu wisata resmi yang telah memiliki sertifikat kompetensi sebagai pemandu wisata dan bergabung dalam organisasi pemandu wisata resmi Nasional yakni HPI," tambah dia. (*)

KOMENTAR