ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Wisatawan Domestik akan Dimobilisasi saat Memasuki Masa Pemulihan

Selasa , 07 April 2020 | 21:46
Wisatawan Domestik akan Dimobilisasi saat Memasuki Masa Pemulihan
Foto: Dok Kemenparekraf
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Pergerakan wisatawan domestik akan digenjot begitu pandemi Covid-19 mereda dan Indonesia telah memasuki masa recovery.

“Itu yang paling mungkin dilakukan saat kita sudah memasuki masa recovery atau pemulihan. Covid-19 ini merupakan krisis dunia. Karena itu, untuk pulih seperti semula butuh waktu. Tidak bisa kita sendiri yang pulih, tetapi juga semua negara mesti pulih,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam temu virtual bersama Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dilakukan Selasa (7/4).

Bicara tentang pariwisata dunia, Wishnutama mengatakan The World Tourism Organization (UNWTO) memprediksi baru akan pulih di tahun 2022.

“Banyak lembaga terpercaya memprediksi hal tersebut. Kalau saya pribadi inginnya bisa lebih cepat. Tapi memang tidak mudah, banyak yang harus dilakukan agar pariwisata bisa pulih kembali. Bukan hanya sekadar promosi, tetapi juga memulihkan penerbangan dan hal-hal terkait lainnya. Kita lakukan secara bertahap. Pada masa pemulihan paling memungkinkan kita genjot dulu wisata domestik,” tuturnya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ada tiga tahap pengelolaan mitigasi krisis pariwisata. Tahap pertama: Tanggap Darurat (Maret-29 Mei 2020), Tahap kedua: Pemulihan (Juni-Desember 2020), dan Tahap ketiga: Normalisasi (Januari-Desember 2021).

Screen Shot 2020-04-07 at 9.30.32 PM

“Pada tahap pertama ini kita fokus dengan hal-hal yang terkait langsung dengan pandemi Covid-19. Kita memberikan support pada tenaga medis mulai dari hotel, transportasi, katering dan sebagainya. Semua dilakukan sesuai SOP, mulai dari proses check in, laundry, penyediaan makanan dan sebagainya. (*)

KOMENTAR