ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

8 Rahasia Penerbangan yang Perlu Diketahui

Senin , 28 Oktober 2019 | 09:26
8 Rahasia Penerbangan yang Perlu Diketahui
Foto ilustrasi: NeONBRAND on Unsplash

ARAHDESTINASI.COM: Seberapa sering Anda naik pesawat? Transportasi udara yang satu ini memiliki banyak peraturan dan aspek rahasia yang mungkin belum diketahui. Mulai dari fitur keamanan, hingga kemampuan pramugari dan kewenangan pilot. Bwrikut beberapa aspek yang mungkin perlu diketahui, seperti dituliskan laman Insider.

1. Daya Tahan Masker Oksigen Darurat
Masker oksigen darurat yang dijatuhkan di dalam pesawat, biasanya hanya dilengkapi untuk memompa oksigen selama sekitar 12 hingga 15 menit. Daya tahan masker oksigen itu diungkap HuffPost. Tapi jangan panik, karena biasanya waktu yang dibutuhkan pilot untuk mengatasi penurunan ketinggian akibat turbelensi dan kendala terkait lainnya jauh lebih pendek. Dalam kasus seperti itu, masker oksigen dijatuhkan karena perubahan tekanan udara menddak dan cepat berisiko pingsan hanya dalam waktu 30 detik.

2. Informasi Tersembunyi di Boarding Pass
Banyak teks pada boarding pass yang mungkin terlihat tidak masuk akal. Namun sebenarnya mencakup banyak informasi menarik dan berpotensi sensitif. Dua huruf pertama sebelum nomor penerbangan merujuk ke maskapai. Laman Gizmodo menjelaskan bahwa bagian numerik dari nomor penerbangan sebenarnya adalah petunjuk tentang ke arah mana akan terbang. Penerbangan nomor ganjil terbang ke selatan sementara nomor genap terbang ke barat. Sementara itu, enam karakter teks pada boarding pass adalah referensi pemesanan atau catatan nama penumpang. Kode kecil ini sebenarnya dapat digunakan secara online untuk mencari segala sesuatu dari tujuan hingga usia, sampai informasi kartu kredit.

3. Kamar Mandi Pesawat bisa Dibuka dari Luar
Kamar mandi di pesawat sebenarnya dapat dibuka dari luar melalui mekanisme kunci eksternal, yang biasanya tersembunyi di bawah tanda ‘Dilarang Merokok’ di pintu. LifeHacker menyebutkan, mekanisme itu dibuat untuk alasan keamanan.

4. Peredupan Pencahayaan
Peredupan lampu di pesawat dimaksudkan untuk mempersiapkan mata penumpang untuk evakuasi potensial. Laman Conde Nast Traveler menyebutkan mengurangi lampu interior sebenarnya dilakukan untuk membantu agar mata penumpang bisa menyesuaikan dengan kegelapan, kalau-kalau ada sesuatu yang salah saat lepas landas atau mendarat.

5. Meja Nampan Benda Paling Kotor di Pesawat
Meja nampan di kursi pesawat mungkin salah satu tempat paling kotor di penerbangan. Disarankan untuk membawa tisu sanitasi untuk membersihkan meja, karena penumpang melakukan segalanya mulai dari yang terkait air liur hingga mengganti popok bayi di meja tersebut.

6. Pramugari Bisa Membantu Melahirkan Bayi
Dalam keadaan darurat, pramugari dibekali ilmu pertolongan pertama untuk membantu kelahiran darurat. Sebelum menjadi pramugari mereka diharuskan belajar bagaimana menghadapi berbagai situasi darurat. Pelatihan untuk menjadi pramugari melibatkan sejumlah pengetahuan teknis dan keselamatan. Tidak mudah menjadi pramugari. Program pelatihan pramugari Delta Airlines misalnya, selama ini terkenal sulit. Pada 2016, hanya 1% dari 150.000 pelamar yang diterima.

7. Secara Teknis tidak Ada Waktu Kematian di Penerbangan
Pada umumnya tidak ada seorang dokter di atas pesawat yang secara hukum dapat menyatakan waktu kematian.Untuk mengatasi masalah terkait kesehatan, biasanya awak pesawat dilatih melakukan pertolongan pertama dan beberapa bahkan memenuhi syarat untuk melakukan resusitasi, namun tetap tidak memenuhi syarat untuk menyatakan waktu kematian seperti halnya dokter.

8. Kapten Pesawat Memiliki Otoritas Tinggi
Peraturan federal memberikan PIC, atau pilot in command - otoritas yang tidak terbatas saat pintu pesawat ditutup. Menurut Think Aviation, seorang PIC dapat membuat penumpang diperiksa keamanan, mengambil surat wasiat, menulis denda, dan menolak penumpang yang terlihat sakit masuk ke dalam pesawat.

KOMENTAR