ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Malaysia Terapkan Pajak Keberangkatan

Selasa , 20 Agustus 2019 | 11:32
Malaysia Terapkan Pajak Keberangkatan
Foto ilustrasi: chuttersnap on Unsplash
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Buat yang mau berlibur atau menjalani medical tourism ke Malaysia, perlu mengetahui adanya peraturan baru terkait tax atau pajak keberangkatan yang dikenakan untuk semua penumpang penerbangan yang akan ke luar dari negeri tersebut.

Peraturan yang akan dimulai 1 September itu tidak berlaku bagi wisatawan yang membeli tiket sebelum 1 September. Selain itu juga tidak berlaku untuk bayi berusia kurang dari 24 bulan, penumpang transit yang tidak melebihi 12 jam, awak atau kru pesawat, dan penumpang serta pilot penerbangan pribadi.

Laman malaymail.com menyebutkan, besaran pajak tergantung dari negara tujuan dan kelas penerbangan. Jika terbang dari Malaysia ke negara-negara Asean (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam), maka dikenai pajak sebesar RM8 atau sekitar Rp27.000 untuk penumpang kelas ekonomi dan RM 50 atau sekitar Rp170 ribu untuk penumpang kelas bisnis.

Sedangkan bagi yang terbang dari Malaysia ke negara-negara lain di luar wilayah Asean akan dikenai biaya RM 20 atau sekitar Rp68.000 (penumpang kelas ekonomi) dan RM150 atau sekitar Rp512.000 (penumpang kelas bisnis).

Menteri Keuangan Lim Guan Eng, menyebutkan pengenaan pajak tersebut dimaksudkan untuk mendorong pariwisata domestik. Tarif yang dikenakan disebutkan sesuai dengan tarif yang dikenakan oleh negara lain seperti Thailand, Hong Kong, dan Jepang. (*)

 

KOMENTAR