ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Belitung Bakal Gelar Belitong Geopark International Stand Up Paddle & Kayak Marathon

Sabtu , 20 Juli 2019 | 01:13
Belitung Bakal Gelar Belitong Geopark International Stand Up Paddle & Kayak Marathon
Foto ilustrasi: Dimitris Vetsikas from Pixabay
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Kawasan Geopark Nasional Belitong,Tanjung Kelayang, Belitung bakal jadi tempat penyelenggaraan event Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon yang akan diselenggarakan 2-4 Agustus 2019.

Event tersebut merupakan transformasi dari Sea Kayak Indonesia 2018 yang juga diselenggarakan di kawasan Geopark Belitung. Tahun lalu, even tersebut dihadiri 82 pedayung dari 7 negara yang berlaga dalam Kayak Marathon sepanjang 21 km. Saat itu dihadirkan pula eksebisi Stand Up Paddle.

Tahun ini, Kayak Marathon dan Stand Up Padle dikolaborasikan dan dilombakan dalam beberapa kategori, yakni Stand Up Paddle Marathon, Stand Up Paddle Race, Kayak Marathon dan Traditional Canoe Race.

Selain itu akan dilengkapi dengan beberapa kegiatan menarik seperti Sunset SUP Yoga yang akan memecahkan Rekor. Ada juga Beach Clean Up, Water Sports Exhibition, Beach Music & Camp, Cultural Events, dan Indonesia Street Food

Tahun ini, BPJS menjadi sponsor utama, sehingga menggunakan nama BPJS Ketenagakerjaan Belitong Geopark International SUP & Kayak Marathon 2019 (BGISKM 2019). Event tahunan itu didukung juga oleh Kementerian Pariwisata RI, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung, Geopark Nasional Belitong, Let’s Go Belitong

“Beliting Geopark International SUP & Kayak Marathon diselenggarakan untuk mendorong perkembangan wisata bahari Belitung, sekaligus membuktikan pada dunia bahwa Belitong layak ditingkatkan statusnya menjadi Unesco Global Geopark,” papar Ade Satari, inisiator BGISKM 2019 dalam rilis yang diterima redaksi.

organize oleh Kaniki Action Partner pimpinan Heriyanto yang juga Founder Stand Up Paddle Indonesia telah membuat rangkaian agenda Pra Event dalam rangka mensosialisasikan kegiatan BGISKM 2019. Di antaranya telah dilakukan aktivitas di Sungai Cikaniki, Bogor, Pantai Karangantu, Banten , Pulau Seribu, Lombok, Belitong, Waduk Jatiluhur, dan Bali.

Kegiatan dayung di laut menggunakan Kayak & SUP merupakan salah satu cara yang efektif menikmati pemandangan permukaan laut serta garis panta. Belitong memiliki keindahan permukaan laut yang unik dengan bebatuan granit yang memberikan nilai tambah bagi wisatawan yang ingin menjelajah permukaan laut dan garis pantainya.

Stand Up Paddle atau SUP dan Kayak olahraga dayung laut yang relatif mudah dipelajari dan tak membutuhkan keterampilan khusus. Umumnya pemula melakukan dan menikmati.
Olahraga dayung laut menggunakan standup paddle dan kayak selain meningkatkan kebugaran bagi pelakunya, juga ramah lingkungan serta mendorong perilaku cinta laut dengan menjaga kebersihan dan kelestarian.  (*)

KOMENTAR