ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Kawasan Air Terjun di Dayak Sei Kelayan Butuh Perhatian Pemerintah

Jumat , 19 Juli 2019 | 09:51
Kawasan Air Terjun di Dayak Sei Kelayan Butuh Perhatian Pemerintah
Foto ilustrasi: genpi.co
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Kawasan wisata air terjun yang terletak di Kampung Dayak Sei Kelayan Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara memerlukan perhatian pemerintah provinsi maupun kabupaten setempat untuk dikembangkan.

“Kawasan wisata yang mengandalkan air terjun dengan debit air yang sangat deras berada di dalam jurang yang terjal dan dikelilingi hutan asri itu berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata,” kata Kuing Suran, ketua Adat Dayak Sei Kelayan Desa Sekaduyan Taka Kecamatan Sei Menggaris, seperti dikutip Antara, belum lama ini.

Sementara pengembangan wisata kawasan tersebut masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

Saat ini, terang Kuing, beberapa fasilitas sedang dibangun di sekitar air terjun dengan menggunakan kayu yang ditebang di kawasan wisata itu.

Pohon kayu yang ditebang tidak merusak kawasan alam, diambil secukupnya untuk membangun kamar mandi, WC, tempat istirahat dan lain-lainnya.

Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pembersihan batang-batang kayu yang berada di bawah air terjun setinggi 15 meter ini menggunakan alat berat dengan anggaran dari dana desa.

Kuing Suran mengharapkan, pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan pengembangan kawasan wisata tersebut, terutama perbaikan jalan masuk yang jaraknya sekitar dua kilo meter.

"Kami masyarakat di sini mengharapkan bantuan pemerintah daerah pada kawasan wisata air terjun ini terutama perbaikan jalan masuk," ujar dia.

Kepala Desa Sekaduyan Taka, Putra Sinar Jaya mengungkapkan, air terjun itu satu-satunya di desanya dengan kondisi yang sangat baik dan diyakini bisa menjadi destinasi wisata pada masa yang akan datang.

Menyinggung soal kondisi hutan yang masih asli nan asri ini, Putra menekankan, telah mengajak warganya agar tetap menjaga kelestariannya sebagai nilai keindahan yang khas.

Suasana hutan kayu sekeliling air terjun ini memang masih asli dengan jalan masuk yang berbukit dan jurang yang terjal yang mendukung petualangan.

Putra juga mengharapkan perhatian pemerintah daerah dan pusat untuk memberikan perhatian untuk pengembangan kawasan wisata ini. (*)

KOMENTAR