ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Sejumlah Negara Keluarkan Peringatan Terkait Demonstrasi Hong Kong

Sabtu , 15 Juni 2019 | 15:42
Sejumlah Negara Keluarkan Peringatan Terkait Demonstrasi Hong Kong
Foto: voanews.com
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Demontrasi terkait RUU Ekstradisi yang terjadi di Hong Kong membawa pengaruh cukup besar terhadap pariwisata di negara koloni Tiongkok tersebut.

Beberapa negara memperingatkan warganya agar tidak melakukan aktivitas di luar, terutama di area dekat unjuk rasa. Setidaknya ada empat negara yang mengeluarkan peringatan tersebut, yakni Indonesia, Australia, Inggris, dan Kanada.

Pemerintah Kanada mengimbau warga Kanada di Hong Kong agar bertanggung jawab pada keselamatannya masing-masing dan melapor ke kedutaan apabila terkena dampak yang berbahaya.

Pemerintah Australia, melalui laman smartraveller.gov.au juga mengimbau warga negara Australia di Hong Kong untuk memantau media setempat dan menghindari tempat berkumpul demonstran.

Pemerintah Indonesia melalui KJRI Hong Kong pun sudah mengimbau WNI untuk mengindari lokasi demonstrasi. Pelaksana Konsul Jenderal RI di Hong Kong Mandala S Purba mengatakan bahwa WNI sebaiknya tidak berada di wilayah Amirality dan Central yang menjadi pusat para peunjuk rasa.

"Sedapatnya menghindari wilayah Admirality dan Central yang menjadi pusat penumpukan massa," katanya seperti dikutip Antara.

Warga Hong Kong sejak Minggu (9/6) dan Rabu (12/6) malakukan aksi unjuk rasa, bahkan ada yang berakhir bentrok. Mereka menolak RUU Ekstradisi karena dinilai tidak sesuai prinsip demokrasi. Sementara pemerintah membutuhkan UU ini supaya Hong Kong tidak jadi tempat pelarian buron dari Tiongkok.

Terkait demonstrasi yang sampai melibatkan 1 juta orang ini, sejumlah wilayah terdampak termasuk beberapa tempat yang jadi favorit wisatawan. Sejumlah daerah yang dilewati pendemo adalah kompleks pemerintahan Hong Kong, Civic Square dan Tim Wa Avenue. (*)

KOMENTAR