ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Petik Strawberi di Agro Wisata Lembah Asri

Sabtu , 15 Juni 2019 | 01:27
Petik Strawberi di  Agro Wisata Lembah Asri
Foto: Istimewa

ARAHDESTINASI.COM: Purbalingga, Jawa Tengah punya Agro Wisata Lembah Asri. Tempat itu bukan hanya menawarkan kesejukan udara, tetapi juga beragam fasilitas wisata seperti taman bermain, kolam renang, homestay, tempat camping, dan yang paling digemari wisata agro petik strawberi.

Agrowisata Lembah Asri terletak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja. Saat ini menurut Sugito, Kepala Desa Serang, kebun strawberi milik masyarakat sekitar 30 hektare. “Sebelumnya mencapai 70 hektare, tetapi sekarang mengecil karena belum lama ini terserang hama,” katanya.

Di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Serang Makmur Sejahtera, Agro Wisata Lembah Asri kian berkembang. Kini wisatawan yang datang bukan hanya bisa menikmati aktivitas petik strawberi, tetapi juga melakukan kegiatan lain mulai dari flying fox, berkuda, ATV, berenang, hingga kelengkapan wahana bermain anak-anak.

Selain itu, BUMDes Serang Makmur Sejahtera juga mengembangkan camping ground, aula pertemuan, dan cottage. Tidak mengherankan jika tahun lalu penghasilan brutonya mencapai Rp3 miliar, dan tahun ini ditargetkan Rp5 miliar.

Sugito berkisah, bulan Juni hingga Agustus adalah puncak masa panen strawberi. Di luar bulan itu buah straberi masih tetap bisa ditemui, namun tak sebanyak musim berbuah. “Saat panen buah strawberi melimpah. Tapi di luar itu pun tetap ada yang berbuah, sehingga wisatawan tetap bisa datang,” katanya.

Kehadiran wisatawan menurut Sugito, membangkitkan pula usaha homestay di kalangan masyarakat. Saat ini, ada 68 rumah penduduk yang didayagunakan sebagai homestay. Paket menginap ditawarkan seharga Rp75 ribu/orang termasuk sarapan. Ada juga penginapan satu rumah yang mampu menampung 50 orang, disewakan dengan harga antara Rp800 ribu hingga Rp1 juta.

Agrowisata Lembah Asri Serang berjarak sekitar 50 km dari Pemalang dan 25 km dari pusat Kota Purbalingga. Tiket masuknya dipatok Rp5.000, sedangkan untuk petik strawberi dihargai sesuai dengan berat strawberi yang dipetik. Patokannya, rata-rata harga perkg Rp75 ribu. (*)

KOMENTAR