Jumat, 19 April 2024

Mae Klong, Pasar Berbahaya yang Digemari Wisatawan


 Mae Klong, Pasar Berbahaya yang Digemari Wisatawan Foto: tourismthailand.org

ARAHDESTINASI.COM: Bangkok punya pasar unik yang menantang bahaya, tetapi justru menjadi salah satu objek wisata yang dicari wisatawan. Namanya Maek Klong Railway Market, terletak di pinggiran kota Bangkok, tepatnya di kawasan Samut Songkhram.

Apa sih bahaya dan menariknya pasar ini, hingga diburu para wisatawan yang datang ke Bangkok? Mae Klong sejenis pasar kaget yang digelar di sepanjang rel kereta yang masih aktif dilintasi. Jadi, bagaimana dong, kalau ada kereta yang akan melintas? Begitu mendengar bunyi peringatan, tiba-tiba saja dalam sekejap mata, rel kereta menjadi bersih. Para pedagang dan pembeli sudah menyingkir dengan sendirinya. Para pedagang punya cara menggelar dagangan agar tidak tersentuh kereta, dan sudah piawai mengemas seperlunya dalam sekejap mata. Begitu kereta selesai melintas, hanya dalam hitungan menit, gelaran dan transaksi khas pasar kembali riuh.

Kebiasaan menjual dan membeli di atas rel kereta yang masih aktif dilintasi, serta kepawaian membersihkan dan mengembalikan gelaran dalam sekejap mata itu jelas membuat takjub wisatawan. Jangan heran jika setiap harinya terlihat banyak wisatawan yang sibuk memotret, terutama ketika kereta datang.

Pasar Mae Klong sendiri, sebenarnya tidak berbeda dengan pasar tradisional pada umumnya. Menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, mulai dari sayuran hingga berbagai bumbu. Ada juga yang menjual buah-buahan dan kuliner lokal. Kalau soal harga sih sudah pasti lebih miring.

Bagaimana akses ke Mae Klong? Sudah tentu sangat tergantung di mana menginap. Sebagai patokan umum bisa berangkat dari Democracy Monument yang terletak di atchadamnoen Road. Dari situ dilanjutkan naik bus menuju Victory Monument. Dari Victory Monument dilanjutkan menggunakan minivan menuju Maeklong. Biasanya diturunkan di dekat Stasiun Maeklong, dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Selain bus dan minivan, sebenarnya ada kereta api menuju Maeklong, hanya saja jam beroperasinya terbatas, tiga kali dalam satu hari. Dari Bangkok berangkat dari Stasiun Wongwian Yai tujuan Stasiun Maek Klong, turun di Stasiun Mahachai. Dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju penyeberangan fery (menyeberang sungai dengan fery), kemudian lanjut jalan kaki ke Stasiun Ban Leam,. Dari stasiun itu lanjut ke Stasiun Mae Klong. Dari Stasiun Mae Klong berjalan kaki ke Maeklong Railway Market.

Jika bingung, jangan segan bertanya. Jangan khawatir, warga Bangkok sebagian besar sudah sadar wisata. Mereka dengan senang hati akan menunjukkan arah. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Mancanegara Terbaru