Selasa, 05 Maret 2024

Ko Tao, Destinasi Selam Paling Top di Thailand


 Ko Tao, Destinasi Selam Paling Top di Thailand Foto: booking.com

ARAHDESTINASI.COM: Rindu jalan-jalan? Kira-kira mau kemana tujuan traveling begitu kondisi sudah memungkinkan?

Sekadar informasi, baru-baru ini The United Nation Enviroment Programme (UNEP) melalui Hello Kitty Global Channel bekerja sama dengan Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand, mengumumkan Ko Tao sebagai pulau dengan komunitas masyarakat yang memiliki komitmen kuat untuk konservasi terumbu karang.

Pengumuman itu dibuat bertepatan dengan Hari Kelautan Dunia 2020 yang jatuh pada 8 Juni. Ko Tao seperti diumumkan dalam keterangan tertulis, dinilai sebagai salah satu komunitas global yang menerapkan 14 goal pelestarian dan penggunakan sumber daya laut secara berkelanjutan di bawah 17 tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

thai3

Foto: Spotmydive.com

Ko Tao (Pulau Penyu), memiliki pantai alami yang menjadi tempat berkembang biak penyu hijau. Saat ini, pulau tersebut menjadi salah satu destinasi selam paling populer di Thailand.

Di Pulau itu dapat dengan mudah ditemui sekolah selam, toko, resor, dan operator selam yang melayani para pemula hingga penyelam berpengalaman.

Operator dan sekolah selam lokal di pulau itu dipuji, karena mengadopsi praktik Green Fins untuk melindungi kelestarian laut. Mereka menyadari dan mengajak wisatawan agar melakukan penyelaman dengan benar. Itu berarti menghindari kontak dengan terumbu karang dan kehidupan laut lainnya yang mereka temui.

Selain itu, masyarakat setempat dan pihak berwenang memiliki kesaran tinggi untuk melestarikan keajaiban alam Ko Tao, dan berusaha menjaga agar tetap bersih dan lestari, sembari melayani banyak wisatawan muda yang pergi ke pulau tersebut.

Tidak mengherankan jika pantai-pantai di Ko Tao terlihat bersih, meski di pulau itu tersedia banyak pilihan makanan dan kehidupan malam di saat kondisi normal.

Ko Tao berlokasi tak jauh dari provinsi Surat Thani. Dapat dicapai dengan speedboat atau feri dari Samui. Sesampai di sana, para pelancong dapat menikmati pantai berpasir putih berpasir dengan sapuan air laut yang biru dan sebening kristal. (*)

Editor : Lintang Rowe

Mancanegara Terbaru