Sabtu, 20 Juli 2024

Kuliner Legendaris Temanggung yang Mesti Disambangi


  Kuliner Legendaris Temanggung yang Mesti Disambangi Foto: Lintang

ARAHDESTINASI.COM: Kota sejuk Temanggung kaya kuliner legendaris. Menyajikan aneka masakan tradisional, jajanan pasar yang menggiurkan, hingga wedangan nikmat. Jika kebetulan berlibur atau melintas di kota ini, rugi jika tidak menyempatkan datang dan menikmati aneka kuliner tradisional yang disajikan dalam nuansa tradisional juga. Berikut tiga kuliner legendaris Temanggung:

Waroeng JadoelTempatnya kecil, terletak di jalan Sudirman No102, Temanggung. Dari luar, nuansa telpo dulu sudah begitu terasa. Pintu dan jendela etales depan dari kayu dengan kelupasan cat, bangku panjang, dan beberapa sangkar burung yang digantung.

Masuk ke dalam lebih terasa lagi nuansa tempo dulu. Mirip warteg dengan kursi panjang dan meja serta etalase untuk meletakkan makanan. Dilengkapi pula dengan jajaran jajanan dan toples-toples kaca kuno berisi kerupuk dan bahan wedangan. Di dekat etalase ada pilihan sofa yang juga bernuansa kuno.

20230319_132346

Teh gula jawa jadi minuman favorit, harum legit. Begitu juga dengan wedang tape. Jajanannya beragam seperti ketan serundeng, onde-onde, pisang goreng/rebus, kelepon, tape goreng, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Makanan berat yang tersedia juga sangat bervariasi. Coba saja brongkos, tongkol lombok ijo, jipang (labu siam), opor, sop iga, lele, dll.

Waroeng Jadoel sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Diperkirakan sudah hadir dari tahun 1900-an. Masakan dan suasana masih dipertahankan hingga sekarang.

Ruman Makan Bu CarikLokasinya sekitar 10-15 menit dari pusat kota Temanggung, atau tepatnya di Kota Parakan. Sudah ada sejak beberapa puluh tahun lalu. Tampilannya sama kunonya dengan Waroeng Jadoel, hanya saja lebih luas. Aneka jajanan juga bisa dijumpai di sini.

Makanan beratnya cukup beragam, dan yang menjadi andalam empat serundeng. Rasanya memang enak dengan daging empal yang empul. Selain itu brongkos sapi dan pecel sayurnya juga nikmat.

Screen Shot 2023-03-20 at 9.37.19 AM

Jika datang ke Rumah Makan Bu Carik, sebaiknya pagi hari. Saat itu jajanan dan menu makanan masih lengkap. Jam tutup rumah makan ini, tidak menentu. Terkadang sampai sore, tapi terkadang jam 14.00 sudah tutup karena menu makanan berat yang tersedia sudah habis.

Warung LiemWarung Liem terletak di Jalan Tentara Pelajar, Temanggung, dan sudah ada berpuluh tahun lalu. Warung ini menyediakan makanan halal dan non halal dengan suasana yang lebih modern, namun tetap sederhana. Namun, warung yang satu ini sangat dikenal dengan menu empis-empis yang rasanya memang patut diacungi jempol.

Screen Shot 2023-03-20 at 9.37.30 AM

Empis-empis terbuat dari tahu dan tempe sangitan atau tempe bongkrek dan cabe hijau. rasanya segar, gurih, dan yang pasti menggugah selera. Saking terkenalnya empis-empis, sampai ada pameo yang menyebutkan, belum ke Temanggung jika belum mencicipi empis-empis.Jika datang ke Warung Liem, jangan lupa mampir ke produksi rumahan tong tjiu pia legendaris cap Macan. Lokasinya masuk gang kecil di samping Warung Liem. Perhatikan rumah sebelah kanan, ada spanduk Cap Macannya. Selamat berpetualang kuliner di Temanggung.

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Kuliner Terbaru