ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Nikmatnya Makan di Warung Bu Carik & Warung Liem

Selasa , 12 November 2019 | 00:43
Nikmatnya Makan di Warung Bu Carik & Warung Liem
Foto: Dok Travel Story

ARAHDESTINASI.COM: Kuliner Jawa Tengah memang enggak ada matinya. Setiap daerah punya makanan khas masing-masing yang rasanya menggoyang lidah. Jika datang ke Temanggung dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke dua warung legendaris, yakni Warung Liem (Temanggung) dan Warung Bu Carik (Parakan). Keduanya menyajikan aneka menu makan tradisional yang dipastikan akan membuat lidah menari.

Warung Liem
Begitu tiba di Temanggung, seorang teman mengajak makan siang di Warung Liem. Lokasinya di Jalan Tentara Pelajar dan masuk ke dalam sebuah gang. Warung yang sudah berdiri puluhan tahun ini, penataannya sederhana, dengan pajangan beragam menu di lemari kaca.

20191021_150654

Empis-empis Temanggung

Warung ini menyediakan pilihan menu halal dan non halal. Tapi dari awal kami berniat makan sayur empis-empis khas Temanggung, terbuat dari tahu dan tempe sangitan atau tempe bongkrek dan cabe hijau. Rasanya memang dua jempol. Pedas, segar, gurih, dan jelas menggugah selera.

Tidak mengherankan jika ada semacam pameo yang menyebutkan, belum ke Temanggung jika belum mencicipi empis-empis.

20191112_004016

Warung Bu Carik
Satu lagi tempat makan enak yang harus didatangi saat berada di Temanggung. Warung Bu Carik tepatnya berada di Parakan, kota kecil sekitar 6-10 menit dafri pusat Kota Temanggung. Sayur brongkos dan empal daging di warung ini sudah dikenal sejak bepuluh-puluh tahun lalu. Dua menu itu termasuk legendaris. Cicipi juga pecel sayur dengan bumbu yang terasa pas di lidah.

Jangan lupa cicipi aneka jajanan pasar di warung ini. Mulai dari onde-onde, klepon, hingga wajik klethik dan angleng yang manis dan harum. (*)

KOMENTAR