ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Jalur Pendakian 9 Gunung Ditutup

Jumat , 11 Januari 2019 | 11:33
Jalur Pendakian 9 Gunung Ditutup
Foto: Dok Kemenpar

ARAHDESTINASI.COM: Cuaca ekstrem yang melanda Indonesia dan pemulihan ekosistem menjadi pertimbangan penutupan jalur pendakian beberapa gunung yang selama ini menjadi favorit para pendaki.

Kementerian Pariwisata melalui Ketua Tim Crisis Center Guntur Sakti melalui siaran pers menyebutkan penutupan jalur pendakian lima gunung, yakni Gunung Merbabu, Gunung Gede Pangrango, Gunung Rinjani, Gunung Prau, dan Gunung Semeru.

1. Gunung Merbabu
Dalam surat edaran Balai Taman Nasional Gunung Merbabu disebutkan penutupan Gunung Merbabu, Jawa Tengah dilakukan mulai 30 Desember 2018 hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Dalam surat edaran itu juga disebutkan alasan penutupan karena kondisi cuaca di jalur pendakian Gunung Merbabu saat ini yang kerap hujan badai disertai angin kencang.

2. Gunung Gede Pangrango
Penutupan Gede Pangrango, Jawa Barat, dilakukan untuk memulihkan ekosistem dan mengantisipasi cuaca ekstrem. Dalam surat edaran Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango disebutkan, penutupan dimulai 1 Januari 2019 hingga Maret 2019.

3. Gunung Rinjani
Pascagempa bumi, seluruh jalur pendakian Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sempat ditutup, dan kemudian November 2018 dilakukan pembukaan jalur pendakian Aiq Berik. Jalur pendakian lama ini tidak kalah indah, namun tidak memungkinkan pendaki mencapai Puncak Rinjani dan hanya bisa memandang keindahan Danau Segara Anak dari ketinggian.

Kini untuk mengantisipasi cuaca ekstrem, semua jalur pendakian Gunung Rinjani kembali ditutup. Surat edaran Balai Taman Nasional Gunung Rinjani tertanggal 28 Desember 2018 disebutkan, penutupan dimulai 1 Januari 2019 dan pembukaan jalur pendakian akan dilakukan setelah cuaca memungkinkan dan pemulihan ekosistem selesai.

4. Gunung Prau
Gunung Prau, Jawa Tengah yang biasanya menjadi satu paket dengan wisata Dieng ditutup mulai 6 Januari 2019 hingga 5 April 2019. Penutupan dilakukan untuk pemulihan ekosistem, pembersihan sampah, dan pemulihan jalur.

5. Gunung Semeru
Melalui surat edaran tertanggal 26 Desember 2018, Balam Besar Taman Nasional Bromo Tngger Semeru mengumumkan penutupan total jalur pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur, mulai 3 Januari 2019 sampai waktu yang tidak ditentukan. Surat edaran itu menyebutkan, penutupan dilakukan karena kondisi cuaca yang cenderung semakin memburuk disertai hujan lebat dan adanya pohon tumbang yang bisa mengancam keselamatan pengunjung.

6. Gunung Slamet
Penutupan Gunung Slamet, Jawa Tengah dimulai 10 Januari 2019 dengan pertimbangan cuaca yang kurang mendukung untuk pendakian dan pemulihan ekosistem sepanjang jalur pendakian.

7. Gunung Raung
Pendakian Gunung Raung, Jawa Timur, melalui jalur selatan via Kalibaru, ditutup mulai 1 Januari hingga 31 Januari 2019.

8. Gunung Salak
Penutupan jalur pendakian Gunung Salak ditutup sementara karena cuaca ekstrem dan pemulihan ekosistem. Penutupan dimulai 18 Desember 2018 hingga kondisi memungkinkan untuk dibuka kembali.

9. Gunung Arjuno-Welirang
Cuaca ekstrem juga menjadi pertimbangan penutupan jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang. Penutupan dimulai 20 Desember 2018 dan akan dibuka kembali jika kondisi sudah memungkinkan. (*)

 

Editor : Farida
KOMENTAR