ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Air Asia Usul Pengembangan Terminal Khusus LCC

Selasa , 27 Februari 2018 | 01:26
Air Asia Usul Pengembangan Terminal Khusus LCC
Air Asia Usulkan Indonesia punya terminal khusus untuk LCC

ARAH DESTINASI: CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan pengembangan terminal khusus LCC di Indonesia, khususnya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng untuk memudahkan konektivitas penerbangan internasional ke penerbangan domestik.

Menurut Fernandes, pertumbuhan maskapai penerbangan di Indonesia masih kalah dibandingkan dengan negara lain, karena tidak memiliki strategi khusus untuk melayani penerbangan low cost carrier (LCC). Dia mengusulkan Terminal 2 bisa menjadi terminal khusus LCC atau membuka kembali Terminal 3 sebagai terminal khusus LCC.

“Ide utama dari terminal LCC adalah memperpendek waktu untuk transit, dan memperpanjang waktu untuk berbelanja. Hal ini diharapkan mempertinggi efektivitas waktu penerbangan, sehingga bisa diperbanyak,” katanya dalam kunjungan ke Kementerian Pariwisata, (26/2) bersama Direktur Utama Air Asia Indonesia Dendy Kurniawan. Kunjungan itu diterima Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi staf khusus bidang konektivitas udara, Judi Rifajantoro dan Robert Waloni.

Pada pertemuan itu Air Asia juga mengusulkan pengurangan airport tax untuk mendorong pertumbuhan LCC, karena 60% rute Air Asia merupakan rute baru di Indonesia yang menerbangi kota-kota sekunder, sedangkan maskapai premium fokus pada kota-kota primer dan ibu kota. Tony Fernandes melaporkan pertumbuhan maskapai LCC tahun lalu mencapai 32%, sedangkan maskapai full service hanya 3,5%.

Arief Yahya mendukung usulan Air Asia untuk mengembangkan bandara LCC di bandara prioritas Indonesia seperti Cengkareng (CGK) dan Denpasar (DPS) serta pengurangan airport tax bagi penumpang LCC. “Kita akan dukung pengembangan LCC di Indonesia untuk mencapai target 17 juta wisman,” kata Menpar dalam rilis yang dikeluarkan Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata. (*)

Editor : Farida
KOMENTAR