ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

4 Hal yang harus Dilakukan Sebelum Berangkat ke Korea Selatan

Senin , 21 Mei 2018 | 22:05
4 Hal yang harus Dilakukan Sebelum Berangkat ke Korea Selatan
Bandara Incheon, Seoul / Foto: dok pribadi

TIDAK salah jika ada yang mengatakan, saat ini dunia serasa ada di ujung jari. Kita tinggal buka internet, berselancar mencari informasi, hingga memutuskan memesan/membeli secara online. Itulah yang saya lakukan, ketika sudah membulatkan tekad akan berangkat ke Seoul, Korea Selatan, bersama buah hati yang sudah beranjak remaja dan menyukai K-Pop serta anime Jepang. Berikut beberapa persiapan yang saya lakukan saat akan bepergian ke Korea Selatan:

Berburu Tiket pesawat
Pergi ke Korea Selatan sekarang kian terjangkau. Banyak tiket promo yang bisa diperoleh dari penjualan tiket online atau saat ada pameran seperti Garuda Travel Fair. Paling mudah berburu tiket online. Apa tipsnya?
1. Coba terus berulang-ulang dengan waktu berbeda-beda. Saat high seasson memang agak sulit mendapat tiket murah. Namun, tetap saja, jika rajin mencari bisa mendapat tiket seharga Rp5,6 juta PP/orang dengan maskapai penerbangan kelas satu. Itu pun bisa penerbangan langsung (tidak transit).
2. Jika memilih bepergian saat low seasson, ini surganya. Agustus salah satu bulan yang menawarkan harga menggiurkan. Malaysia Airlines misalnya, menawarkan tiket PP di bawah Rp4 juta/orang. Hanya saja butuh transit dan lama waktu transitnya bisa dipilih.
Bagaimana dengan penerbangan budget? Banyak yang menawarkan penerbangan murah. Tapi sebaiknya pertimbangkan juga harga bagasi dan makan. Jika ditotal benar-benar murah, saatnya memutuskan membeli. Tapi biasanya, total harga jadi tidak berbeda dengan penerbangan non-budget. Jadi, hati-hati, periksa sebelum membeli.
3. Perhatikan pula ketentuan mengenai bisa tidaknya refund. Banyak maskapai penerbangan kelas satu menawarkan harga di bawah Rp3 juta sekali jalan, tapi tak bisa direfund atau ganti tanggal jika ada halangan.

Menyusun Itenerary
Dunia informasi kian terbuka. Asal mau, maka hanya dengan browsing dan bertanya pada teman yang sudah bepergian, kita bisa menyusun itenerary dengan cukup lengkap dan rinci. Apa tipsnya?
1. Rajin browsing sudah pasti
2. Cari di internet maps wisata yang dituju, cari informasi objek wisata di Seoul misalnya, berdasarkan pembagian wilayah. Ini penting untuk menghemat waktu. Jangan sampai dalam satu hari, ada tiga objek wisata yang dikunjungi dengan pengelompokan wilayah berbeda, utara, timur, barat. Jelas akan menghabiskan waktu untuk perjalanan. Mungkin link ini bisa membantu.
3. Jalan sendiri (back packeran) memang mengasyikkan. Tapi tetaplah mempertimbangkan kemungkinan mengikuti one day city tour, terutama jika pergi bersama buah hati atau memiliki waktu kunjung terbatas. Ada beberapa paket yang bisa menghemat waktu di Seoul dan Jeju. Di Seoul misalnya, ada paket wisata ke Nami Island dan Petite France, termasuk makan siang seharga Rp500 ribu. Di Pulai Jeju ada paket tour satu harian termasuk makan siang dengan biaya sekitar Rp800 ribu.

Memilih Akomodasi
Tinggal di hotel memang menyenangkan. Tapi memsan lewat Airbnb, baik di apartemen, rumah warga, guest house atau apa pun tak kalah menyenangkan. Jika senang beramai-ramai bisa memilih yang kelas dormitory. Tapi jika ingin kamar private, bisa memilih lewat filter yang disediakan, harga pun bisa disesuaikan. Pilih yang menyediakan fasilitas mesin cuci. Ini akan menghemat barang bawaan. Tidak perlu membawa baju banyak-banyak karena bisa dicuci, koper menjadi lebih ringan, dan ketika pulang bisa diisi oleh-oleh.


Mengajukan Visa
Mengajukan visa ke Korea Selatan tidaklah sulit. Di luar Jakarta datangi konsulat terdekat, dan di Jakarta datangi Kedutaan Besar Republic of Korea. Apa saja syarat dan ketentuannya, buka link ini.

 

Kontributor : Lintang Rowe / Penikmat traveling / Travel Writer
Follow IG: @lintangrowe

 

Editor : Aurora
KOMENTAR