ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Pilih ke Jepang atau Korea Selatan?

Sabtu , 12 Mei 2018 | 00:31
Pilih ke Jepang atau Korea Selatan?
Foto: Andre Benz on Unsplash & Johen Redman on Unsplash

ARAHDESTINASI.COM: Bingung mau berlibur ke Korea Selatan atau Jepang? Jangan khawatir, kalian tidak sendiri. Banyak calon traveler yang kebingungan mau pergi ke mana dulu, Jepang atau Korea Selatan? Maklum, dua negara itu sedang digemari dan jadi sasaran kunjung. Lalu Bagaimana memutuskannya? Beberapa poin di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Tapi barangkali, poin pertama lah yang paling menentukan kecenderungan memilih negara yang akan dikunjungi.

K-Pop - Anime/Manga
Ini bahan pertimbangan pertama yang mungkin bisa langsung membuat kalian bisa memutuskan pilihan negara mana yang akan dikunjungi. Para penyuka anime dan manga sudah pasti harus memilih Jepang. ‘Negeri Matahari Terbit’ itu surganya anime dan manga. Gacha - mainan dalam bola yang dibeli dari mesin otomatis di Jepang - hampir semuanya menawarkan tokoh-tokoh anime dan manga. Belum lagi aneka suvenir unik khas Jepang. Di akhir pekan, pusat-pusat keramaian anak muda berubah menjadi hangat. Banyak yang mengekspresikan kebebasan dan hobi dengan mengenakan cosplay atau berdandan dengan fesyen nyentrik.

Itu Jepang. Bagaimana dengan Korea Selatan? Jelas ‘Negeri Ginseng’ itu surga buat para pecinta K-Pop, mulai dari boy band hingga film-film Korea Selatan yang berisi oppa ganteng dan noona cantik. Di Korea Selatan, kalian bisa menelusuri tempat-tempat yang jadi lokasi syuting film-film favorit. Banyak juga anak-anak muda yang sengaja berlama-lama di depan entertaiment building yang membawahi artis-artis dan penyanyi top negeri itu. Siapa tahu bisa bertemu salah satu dari mereka? Kawasan Hongdae yang berdekatan dengan kampus di Seoul juga menawarkan keunikan, art performing di jalan-jalan.

Tiket Pesawat
Belum bisa memutuskan mau ke Jepang atau Korea Selatan? Coba sekarang perhitungkan harga tiketnya. Dua negara itu sedang gencar-gencarnya berpromosi. Itu sebabnya, sekarang harga tiket pesawatnya bisa dikatakan seimbang, dalam arti banyak tawaran  promosi yang menggiurkan. Jika beruntung bisa mendapat tiket pulang pergi Jakarta-Tokyo-Jakarta atau Jakarta Seol-Jakarta di harga Rp4 juta. Lebih beruntung lagi jika bisa mendapatkan tiket di bawah Rp4 juta PP saat datang ke pameran seperti garuda Travel Fair, dan sebagainya.

Di bulan Mei-hingga Agustus, tiket pesawat juga banyak ditawarkan dengan harga sekitar Rp5,2 juta PP. Beberapa pesawat budget bahkan menawarkan sekali perjalanan dengan harga di bawah Rp2 juta. Tapi sebaiknya perhitungkan juga biaya bagasi dan makan ketika transit, karena seringnya harganya jadi sama dengan pesawat yang memberikan layanan penuh dan terbang langsung (tanpa transit).

Transportasi Lokal
Tambah bingung karena tiket pesawat bisa diperoleh dengan harga yang kurang lebih seimbang? Saatnya membandingan transportasi lokal. Untuk yang satu ini ambil contoh harga tiket lokal di Seoul dan Tokyo. Transportasi lokal di Seoul lebih murah dibandingkan dengan Tokyo, baik itu untuk kereta mau pun argo taksi. Harga tiket pass-nya pun lebih murah Korea Selatan dibandingkan dengan Jepang.

Kuliner
Bagaimana dengan kuliner? Banyak orang mengatakan, kuliner Jepang lebih cocok dengan lidah Indonesia. Meski demikian, kuliner Korea Selatan pun kini cukup digemari. Soal harga bisa dikatakan hampir seimbang, meski Jepang sedikit lebih mahal jika memilih makan di restoran-restoran. Lepas dari itu, dua negara ini menyediakan makan yang sebenarnya terjangkau dalam bentuk bento dan gimbab yang dijual di jaringan mini market.

Street food di Jepang dan Korea Selatan juga menyenangkan. Korea Selatan khususnya Seoul unggul dengan pasar-pasar malam (setiap malam ada hanya berbeda-beda kawasan di Seoul) yang menawarkan beragam street food menggoda. Jepang juga memiliki street food menarik, khususnya di Tsukiji Market. Soal harga tergantung, meski jika dirata-rata street food di Korea Selatan lebih murah sedikit.

Sekadar tips, street food manis di Korea Selatan kebanyakan berisi kacang merah, sedangkan di Jepang didominasi moci. Jika makan di restoran, porsi makanan di Korea Selatan lumayan besar, cukup untuk makan dua orang.

Belanja
Bagi penyuka kosmetik, Korea Selatan kini menjadi surga yang banyak diincar wisatawan. Namun, Jepang pun punya merek-merek kosmetik yang kualitasnya sudah diakui. Soal fesyen, keduanya menawarkan kelebihan masing-masing. Fesyen Korea Selatan jelas modis. Jepang pun demikian dengan kelebihan fesyen eksentrik yang menyenangkan. Harga fesyen bermerek kurang lebih sama, begitu juga fesyen umum yang sangat tergantung pada kepandaian tawar-menawar. Korea Selatan punya tempat belanja murah di Myeongdong, Tokyo punya Ameyoko. Namun secara umum, harga di Korea Selatan lebih murah dibandingkan dengan Jepang.

Akomodasi
Harga hotel di Korea Selatan juga lebih murah dibandingkan dengan Jepang. Namun, dua negara itu mempunyai rentang harga yang sangat menarik. Mau harga di bawah Rp500.000 pun ada, biasanya dalam bentuk dormitry , guest house, atau pun hotel kapsul.

Objek Wisata
Keduanya sama-sama kaya objek wisata budaya, sejarah, budaya, seni, dan alam.

Nah, mana yang akan Anda pilih? Rasanya point pertama: K-Pop-Anime/Manga menjadi penentu dan pertimbangan utama yang mendasari pilihan negara yang dituju. Setelah itu baru melangkah ke budget. Jika semua komponen sudah masuk dalam pertimbangan, silakan pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Soal daya tarik, dua negara ini menurut kami dari arahdestinasi.com, sama-sama menyenangkan. Keduanya punya budaya yang bertahan di tengah gempuran modernitas, dan punya teknologi yang sama-sama memanjakan. (*)

Editor : Aurora
KOMENTAR