ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Sejuta Aktivitas di Keindahan Mandeh

Rabu , 06 Maret 2019 | 23:08
Sejuta Aktivitas di Keindahan Mandeh
Foto: Dok Biro Komblik Kemenpar

ARAHDESTINASI.COM: Pernah dengar destinasi wisata Mandeh? Dua tahun lalu, keindahan kawasan Mandeh yang terletak di Kecamatan Koto XI, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, banyak diperbincangkan para traveler milenial.

Keindahan Kawasan Mandeh memang istimewa. Alamnya masih asri dan terjaga. Mandeh merupakan gugusan kepulauan yang melingkupi Traju, Sironjong Besar, Sironjong Kecil, Pulau Setan, hingga Pulau Cubadak yang seluruhnya cantik dengan perbukitan hijau nan alami. Semuanya seakan bercerita tentang sebuah surga yang masih tersembunyi.

Lautnya biru, berpasir putih, dengan tebing-tebing yang memungkinkan para penyuka tantangan melakukan cliff jump. Jika tak ingin kegiatan ekstrem, bisa melakukan banyak hal, mulai dari menyelam atau sekadar menikmati matahari terbenam yang menampilkan keindahan luar biasa di Puncak Mandeh.

Ke arah utara kawasan tersebut, pengunjung bisa menikmati gugusan pulau yang terlihat melingkar seperti Pulau Pagang, Pulau Marak yang berdampingan dengan Sikuai, serta Pulau Bintangor.

Kini, keindahan Mandeh akan kian menyeruak setelah ditetapkan dan dikembangkan sebagai Kawasan Wisata Bahari Terpadu. Mandeh terletak sekitar 43 kilometer dari Kota Padang atau sekitar dua jam perjalanan darat. Kondisi jalan sudah mulus, dan pemandangan di kiri kanannya mempesona.

PHOTO-2019-03-03-22-45-16

Lalu, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di kawasan Mandeh yang indah permai itu? Ini beberapa di antaranya:

Island Hopping
Kegiatan ini mesti dilakukan. Sewalah perahu nelayan dari Dermaga Lama Carocok. Di sana sudah ada beberapa pegiat wisata yang menawarkan paket-paket untuk perjalanan sehari (one day trip) mengelilingi kawasan mandeh. Harganya pun beragam, tergantung jumlah peserta, kisarannya mulai dari Rp150 ribu perorang. Harga tersebut dengan minimal peserta trip sebanyak 10 orang. Jangan lupa, pilih kapal yang memiliki peralatan keselamatan standar seperti jaket pelampung.

Diving & Snorkeling
Mandeh memiliki banyak spot diving dan snorkeling. Keindahan bawah lautnya tidak perlu lagi diragukan. Berbagai jenis ikan, biota laut, dan ada spot kapal Belanda yang karam. Sebelum berangkat, persiapkan berbagai peralatan menyelam dan snorkeling. Tidak perlu khawatir, kebutuhan itu sebelum berangkat bisa dikomunikasikan dengan pemilik kapal.

PHOTO-2019-03-03-22-45-59

Cliff Jump
Ini dia aktivitas ekstrem yang memacu adrenalin. Wisatawan bisa berbuat ‘gila-gilaan’ dengan meloncat dari ketinggian tebing, langsung ke laut. Jika tertarik, mintalah diantar ke Pulau Sironjong. Di pulau itu ada anak tangga yang mengantar wisatawan ke puncak tebing dengan tinggi bervariasi, mulai 5 meter hingga 20 meter.

PHOTO-2019-03-03-22-45-30

Treking
Selain wisata bahari, wisatawan juga bisa menikmati Mandeh dengan melakukan trekking ke beberapa air terjun. Salah satunya Air Terjun Mandeh. Bila beruntung, saat trekking bisa berjumpa dengan kawanan monyet siamang, salah satu spesies kera hitam berlengan panjang dan hidup di pepohonan Kwasan Mandeh.

Puncak Mandeh
Sebagai penutup hari, jangan lewatkan keindahan matahari terbenam di Puncak Mandeh Ada area khusus untuk melihat keindahan beberapa pulau di sekitar Mandeh. Ada juga tempat duduk nyaman yang bisa digunakan untuk bersantai. Jangan lupa, di setiap perjalanan jangan meninggalkan sampah. (*)

Editor : Aurora
KOMENTAR