Jumat, 29 Maret 2024

Jelajahi Keindahan Gua Boki Moruru


 Jelajahi Keindahan Gua Boki Moruru Goa Boki Moruru / Foto IG @fadelassagaf

ARAHDESTINASI.COM: Indonesia memang indah! Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara punya satu objek wisata yang diburu wisatawan, yakni Gua Boki Moruru. Gua yang konon ditemukan sejak 1996 ini langsung mengundang banyak wisatawan. Pemandangannya indah, airnya jernih, panjang gua seakan tak berujung dan memiliki staglamit dan staglatit.

Gua Boki Moruru terletak di Desa Sagea, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Gua tersebut cukup sulit dicapai. Laman Merah Putih berkisah harus melewati kondisi jalan yang rusak dan berbukit, dengan tujuan pertama Desa Sagea. Dari desa itu, perjalanan dilanjutkan dengan ketingting atau perahu kecil untuk menyusuri Sungai Sageyan.

Alasan menggunakan ketingting adalah kedalaman sungai yang tidak merata. Jika menggunakan perahu bermesin, dikhawatirkan baling-baling mesin akan kandas terkena batu.Perahu ketingting bisa di sewa ke masyarakat sekitar. Para warga Desa Sagea juga siap menjadi pemandu. Dari Desa Sagea jarak menuju Gua Boki Moruru sekitar 30 menit. Pemandangan di sepanjang sungai amatlah indah dan asri. Sesekali akan mendengar kicauan burung di atas pohon.

Di pertengahan jalan, wisatawan bisa melihat beberapa tempat keramat, salah satunya Batu Susun, yakni baru berwarna-warni yang berbaris di pinggir sungai. Masyarakat Sagea percaya susunan batu itu ada kaitannya dengan asal usul mereka.

Saat sampai ke gua, terpampang ngarai indah dengan air jernih. Amat sangat disayangkan kalau tidak mengabadikan momen di tempat ini. Jangan lupa berenang merasakan kesegaran air gua.

Setelah puas, segera lanjutkan perjalanan. Tak lama akan dijumpai stalaktit dan stalakmit dari Gua Boku Moruru. Sangat mempesona. Namun ingat, karena kondisinya masih asri jangan sekali-kali merusak alam.

Ada sebuah hikayat tentang nama Boku Moruru. Konon Boku Moruru diambil dari seorang putri yang kabarnya dari Kesultanan Tidore. Ia menghanyutkan diri ke hilir sungai. Boku Moruru bisa diartikan sebagai putri yang menghanyutkan diri. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Jawa Tengah Terbaru