ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

6 Wisata Gua & Pantai di Buton Tengah

Jumat , 22 Juni 2018 | 16:37
6 Wisata Gua & Pantai di Buton Tengah
Pantai Mutiara Buton Tengah / Foto: Istimewa

ARAHDESTINASI.COM: Buton Tengah salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang kaya objek wisata alam. Mulai dari pantai-pantainya berpasir putih mempesona, danau alam, hingga gua-gua unik yang jumlahnya sangat banyak. Itu sebabnya, Buton Tengah mendapat julukan, ‘Negeri Seribu Gua’.

Buton Tengah bisa dicapai dari Baubau dengan menggunakan kapal reguler atau menyewa kapal di Dermaga Jembatan Batu. Biaya kapal cepat Rp15 ribu/orang dengan kapasitas 10 orang. Sewa kapal cepat sekitar Rp150 ribu sekali jalan. Kapal Jarangka dengan kapasitas 15 orang Rp10.000/orang. Namun jika jumlahnya kurang dari 15 orang, biasanya perorang bisa kena Rp50 ribu hingga Rp70 ribu. Setelah tiba di Dermaga Wamengkoli Buton Tengah, perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan umum. Namun, perjalanan akan lebih efektif jika menyewa kendaraan, karena ngkutan umum di kabupaten itu masih terbatas. Sewa kendaraan untuk satu hari sekitar Rp500 ribu.

Berikut beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi saat datang ke Buton Tengah. Enam objek wisata utama ini bisa ditelusuri selama dua hari, sebelum akhirnya kembali ke Kota Baubau yang menjadi kota transit dengan Bandar Udara Betoambari.

1. Gua Maobu
Lokasinya tidak terlalu jauh dari Dermaga Wamengkoli, sekitar 10- 15 menit perjalanan. Letaknya agak masuk ke dalam, namun dekat dengan tepi jalan dan juga pantai. Gua vertikal ini unik, karena airnya tawar, meski ada jalan tembus ke lautan. Airnya jernih dan pepohonan di sekitarnya menjadi peredam terik matahari yang menjadi salah satu ciri khas Buton Tengah.

2. Danau Oemamba
Tak jauh dari Maobu, sekitar 15 - 20 menit perjalanan, ada Danau Oemamba. Lokasinya masuk ke dalam, namun tidak terlalu jauh. Danau Oemamba menampilkan pemandangan indah dan berkesan misterius. Dikelilingi tebing dan pepohonan rapat, dengan air danau yang jernih. Di siang hari, bayang pepohonan memantul di air danau.

3. Gua Koo
Gua Koo terletak di Kecamatan Mawasangka Tengah, sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan dari Dermaga Wamengkoli. Datanglah pagi hari saat sinar matahari menyorot indah ke dalam gua. Gua dengan kedalaman sekitar 30 meter itu memiliki dolam dengan air yang jernih.

4. Pantai Mutiara
Pantai Mutiara lokasinya sekitar 85 - 90 km dari Dermaga Wamengkoli. Butuh waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Garis pantainya panjang dengan pasir putih dan air laut biru biru muda dan kian tua mendekati garis cakrawala. Pantai Mutiara bisa menjadi tempat bersantai, membaur dengan penduduk setempat yang mencari ikan dan bulu babi untuk lauk makan, dan tentu berswafoto.

5. Pantai Wantopi
Pantai Wantopi objek wisata yang wajib dikunjungi, sekitar 45 menit dari Pantai Mutiara. Daratannya seperti gosong, gundungan memanjang berpasir putih. Dulu, daratan itu berpenghuni, namun tersapu tsunami 1992. Kini hanya tersisa satu bangunan masjid yang tak lagi utuh. Pemandangan Pantai Wantopi sangat indah.

6. Pantai Gubari
Pantai Gubari terletak di Kecamatan Mwasangka Timur, sekitar 2 hingga 2,5 jam dari Dermaga Wamengkoli. Pasirnya putih, air lautnya jernih dengan warna biru terang di pinggir pantai. Ini juga menjadi salah satu pantai di Buton Tengah yang menjanjikan keindahan. (*)

KOMENTAR