ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE
Kemendes

Pantai Sorake Mulai Dibangun dengan Dana Desa

Senin , 16 September 2019 | 11:18
Pantai Sorake Mulai Dibangun dengan Dana Desa
Foto: indonesia.travel
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Desa Botohili Sorake, Kecamatan Lagundri, Kabupaten Nias Selatanmenggunakan sebagian dana desa untuk membangun wahana bermain anak di sekitar Pantai Sorake. Keberadaan wahana itu diharapkan mampu mendongkrak pengunjung ke Pantai Sorake.

Kepala Desa Botohili Pilipis Jagote bertutur, pembangunan wahana bermain di Pantai Sorake dilaksanakan setelah musyawarah desa pada September 2017. Saat itu masyarakat mengharapkan Pantai Sorake lebih banyak lagi pengunjungnya. Karena ruang publik di area pantai belum ada, maka diputuskanlah menyediakan ruang publik berupa wahana bermain anak dekat pantaia.

”Dana desa diarahkan untuk mendukung pariwisata salah satunya menyediakan ruang publik di pinggir pantai, kita saat ini sedang persiapan pembangunan wahana permainan anak-anak dari anggaran dana desa 2019. Dengan adanya wahana bermain ini diharapkan pengunjung ke Pantai Sorake belum lama ini.

Dengan hadirnya pembangunan di pantai, mulai terlihat perubahan. Pengunjung, katanya, sudah bervariasi dan ada saung-saung toko untuk berjualan.

Menurut Pilipus, wahana tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sorake. Selain itu ada unit usaha lain yang sifatnya mendukung perekonomian perkembangan masyarakat. BUMDes Sorake sudah berjalan satu tahun. Pada tahun 2018, penyertaan modal BUMDes sebesar Rp 45 juta diperuntukkan untuk mempersiapkan desain besar rencana usaha yang dikelola BUMDes.

"Nanti untuk wahana bermain, BUMDes bisa melengkapi dengan beli mobil-mobilan anak untuk bermain. Yang penting BUMDes-nya bisa bergerak dulu," jelasnya. (*)

KOMENTAR