ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Ciletuh dan Gunung Rinjani, Ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark

Senin , 16 April 2018 | 18:12
Ciletuh dan Gunung Rinjani, Ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark
Salah satu objek di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi / Foto: Genpi Sukabumi
POPULER

KARAHDESTINASI.COM: Kawasan Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Geopark Ciletuh, Palabuhan Ratu, Sukabumi resmi tercatat sebagai Unesco Global Geopark (UGG).

“Alhamdulillah Rinjani sudah sudah ditetapkan pada sidang Unesco Executive Board belum lama inidi Paris,” kata General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul, Jumat (13/4).

Chairul berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pencapaian Rinjani sebagai geopark dunia tersebut. Tanda-tanda Gunung Rinjani akan menjadi Global Geopark sebenarnya telah terlihat, yaitu saat NTB ditunjuk sebagai tuan rumah Asia Pasific Geopark Network Symposium se-Asia Pasific pada 2019.

Dengan peningkatan status tersebut, diharapkan akal ada perubahan di Kawasan Gunung Rinjani. Salah satunya, kawasan Gunung Rinjani akan semakin dipromosikan ke masyarakat internasional. Termasuk juga di ratusan geopark dunia lainnya. Ini tentunya berimbas pada sektor pariwisata NTB.

"Di seluruh dunia ini ada ratusan Unesco Global Geopark. Dengan masuknya Gunung Rinjani menjadi Unesco Global Geopark tentu menjadi ajang promosi yang efektif terutama bagi sektor kepariwisataan NTB. Tentunya, akan semakin banyak wisatawan internasional yang tertarik untuk berkunjung Gunung Rinjani," ujarnya.

Ciletuh
Selain Rinjani, Geopark Ciletuh, Palabuhan Ratu juga ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark. "Semua negara dalam rapat itu menyetujui kawasan Ciletuh,Palabuhanratu, sebagai UGG," ujar Dana Budiman, General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, baru-baru ini

Bukan tanpa alasan Ciletuh mendapat pengakuan dunia. Geopark Ciletuh memang sangat oke.
“Potensinya juga sangat besar. Keindahan alamnya lengkap. Ada landscape, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. Karena itu harus cepat dikembangkan, agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakatnya,” ujar Dana.

Geopark Ciletuh juga dikelilingi hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah. Selain itu, ada juga punya pantai yang keren. Menariknya, Geopark Ciletuh juga punya ombak yang disukai surfer-surfer dunia. Tengok saja Pantai Cimaja. Pantai itu sering terpilih sebagai lokasi lomba Surfing berskala internasional,

Di kawasan seluas 37 ribu kilometer tersebut, terdapat banyak destinasi wisata kelas dunia. Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjadikannya semakin baik, serta dikenal dunia
Kepala Dinas Pariwisata lNTB Lalu Muhammad Faozal menyambut gembira penetapan tersebut. Menurutnya, perjuangan Pemprov NTB sejak 2013 terbayar manis. Kini gaung Gunung Rinjani akan makin santer terdengar di dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan kehembiraannya atas penetapan Gunung Rinjani dan Ciletuh ke dalam UNESCO Global Geopark. Menurut Menpar, semakin banyak pengakuan dunia, semakin naik pamor Indonesia. Penetapan ini juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB dan Cileteh, Sukabumi. Imbasnya tentu peningkatan ekonomi rakyat. (*)

Editor : Aurora
KOMENTAR