ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Kalimantan Barat, Targetkan 400 Desa Mandiri

Senin , 03 Desember 2018 | 14:46
Kalimantan Barat, Targetkan 400 Desa Mandiri
Foto: desasutera.id
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menargetkan selama lima tahun pemerintahannya akan ada 400 desa yang berkategori mandiri di Kalimantan Barat (Kalbar).

"Saat ini dari 2.036 desa di Kalbar baru satu desa yang berkategori desa mandiri, yakni Desa Sutera di Kabupaten Kayong Utara. Dengan realita yang ada, target saya arus lebih banyak lagi desa mandiri di Kalbar. Dalam lima tahun target saya ada 400 desa mandiri," ujarnya di Pontianak seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan untuk mencapai target akan diperkuat dengan peraturan gubernur. Ke depan sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten dan desa akan diperkuat. "Untuk desa mandiri satu di antaranya melalui pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes). Hal itu tentu dengan pemanfaatan dana desa. Sarjana harus balik desa," katanya

Menurut Sutarmidji, keberadaan BUMDes bisa sangat membantu desa untuk menjadi lebih maju. Hanya saat ini belum dikelola dan dilirik oleh pemerintah desa. “Sudah saatnya desa-desa bisa melihat potensi masing-masing. Contoh, daerah pesisir bisa menggali potensi lautnya. Dengan membeli kapal yang besar untuk menangkap ikan. Beli yang besar capai 12 mil, kan bisa. Selain memanfaatkan dana desa dan BUMdes, bisa juga menggunakan KUR. Dari segi modal sudah tidak ada persoalan. Tinggal berkreasi saja. Desa mandiri harus lahir kembali di Kalbar," tukasnya

Jika desa sudah mandiri, ujar Sutarmidji, maka ekonomi desa setempat akan bergeliat. Perputaran uang semakin baik sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Lita akan memaksimalkan potensi yang ada,” tandasnya. (*)

Editor : Aurora
KOMENTAR