ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Pulau Bakut Ditetapkan Sebagai Kawasan Wisata Umum

Rabu , 07 November 2018 | 20:26
Pulau Bakut Ditetapkan Sebagai Kawasan Wisata Umum
Foto: bekantan.org
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS menetapkan taman wisata alam Pulau Bakut di bawah Jembatan Barito sebagai kawasan wisata untuk umum.

“Saya sangat mengapresiasi upaya BKSDA yang telah bekerja keras dalam rangka meningkatkan objek wisata Pulau Bakut menjadi tujuan wisata menarik sekaligus tempat edukasi masyarakat, khususnya bagi para pelajar, kata Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS, baru-baru ini seperti dikutip dari Antara.

Apresiasi itu diikuti dengan bentuk dukungan akses jalan, termasuk sarana transportasi dan tempat berjualan yang melibatkan masyarakat, khususnya warga Desa Marabahan Baru dan Beringin, Kabupaten Barito Kuala. “Kami berharap tempat wisata ini bukan saja bermanfaat bagi pengunjung, namun berguna bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomian mereka,” katanya.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Selatan Mahrus Aryadi mengatakan, lokasi Pulau Bakut merupakan hunian bagi Bekantan (Nasalis Larvatus) dengan luas areal mencapai 15,8 hektare. Lokasi Pulau Bakut sangat setrategis, dekat dengan pusat kota.

Saat ini, kawasan wisata Pulau Bakut telah dilengkapi sejumlah sarana dengan pembiayaan BKSDA Kalsel dan PT Adaro Indonesia sekitar Rp1,6 miliar. Kawasan itu sudah memiliki loket tiket, mushala, MCK, menara pandang, dan titian sepanjang 630 meter.

Ke depan, rencananya Pulau Bakut akan dilengkapi dengan area kerajinan, kuliner, termasuk mendatangkan komunitas pegiat binatang untuk bisa ditampilkan di lokasi wisata pada hari-hari tertentu.

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) Dahnial Kifli sangat menyambut baik upaya dan terobosan yang dilakukan BKSDA. “Barito Kuala merupakan bagian dari Provinsi Kalsel, dan sudah tentu provinsi akan memberikan perhatian, memberdayakan masyarakat sekitar objek wisata, termasuk memperhatikan segala hal yang dibutuhkan,” katanya.

Dinas Pariwisata Kalsel juga akan memperkenalkan keberadaan objek wisata Kabupaten Barito Kuala yang memiliki potensi luar biasa, baik sungai mau pun alam. Langkah itu seiring dengan dipersiapkan program Welcome Visit South Borneo. Bahkan, Dahnial merencanakan, akan menjadikan wisata Pulau Bakut sebagai bagian dari paket wisata, bekerjasama dengan sejumlah travel. (*)

Editor : Aurora
KOMENTAR