Jumat, 19 April 2024

Peraih Nobel Josept Stiglist Apresiasi Pembangunan lewat Dana Desa


  • Kamis, 11 Oktober 2018 | 20:04
  • | News
 Peraih Nobel Josept Stiglist Apresiasi Pembangunan lewat Dana Desa Foto: dok Kemendes PDTT

ARAHDESTINASI.COM: Dana desa yang dikucurkan sejak tahun 2015, menjadi stimulus yang mendorong pembangunan di wilayah perdesaan melalui program Prukades. Dana desa yang menggabungkan pemerintah, perbankan dan dunia usaha mampu mendorong pertumbuhan di wilayah perdesaan.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo dalam Forum Tri Hita Karana (THK) Sustainable Development, dengan tema “Kesetaraan dan Pertumbuhan Inklusivitas, Keberlanjutan, dan Kepemimpinan”, Kamis (11/10).

Forum THK adalah pleno dalam Rangkaian pertemuan tahunan IMF- Worlbank 2018 di Bali.Dalam forum itu, Mendes PDTT mengatakan program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) mampu mengatasi kemiskinan di pedesaan. Kebijakan yang diterapkan di Indonesia ini merupakan program pertama di dunia dan menjadi inspirasi bagi negara lain karena telah teruji menghasilkan pembangunan yang signifikan

Prof. Josept Stiglits, peraih nobel di bidang ekonomi mengapreasi model pembangunan wilayah perdesaan di Indonesia dengan dana desa sebagai stimulus pembangunan yang di mulai dari desa.

Mantan penasihat Presiden Clinton ini mengatakan, "Saya sangat mengapresiasi model pembangunan seperti ini di mana pembangunan dimulai berdasar pada kebutuhan yang berbeda pada setiap daerah dan ini menghasilkan pola pembangunan wilayah yang sangat menabjubkan."

Dia juga berkomentar, konsep kosmologi Tri Hita Karana merupakan falsafah hidup tangguh. Falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keaneka ragaman budaya dan lingkungan di tengah hantaman globalisasi dan homogenisasi. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru