ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Ini Aturan Baru Masuk Singapura

Jumat , 05 Oktober 2018 | 07:15
Ini Aturan Baru Masuk Singapura
Foto: arahdestinasi.com

ARAHDESTINASI.COM: Buat yang mau ke Singapura, perhatikan aturan baru terkait pergantian kartu disembarkasi/embakarsi menjadi electronic arrival card (kartu kedatangan elektronik).

The Immigration & Checkpoints Authority, Singapore (ICA) baru saja merilis informasi yang mengatakan, mulai 4 Oktober 2018, mereka akan melakukan uji coba penggunaan kartu kedatangan elektronik selama tiga bulan.

Pengisian kartu kedatangan elektronik bisa dilakukan melalui web ICA  atau melalui aplikasi ICA. Bisa dilakukan sebelum berangkat atau pun ketika tiba di Singapura, tanpa harus bingung mencari pena. Setelah itu lakukan proses seperti biasa dengan menyerahkan paspor ke keimigrasian. Petugas imigrasi secara otomatis akan mendapatkan data dari kartu kedatangan elektronik yang sudah diisi.

Kartu kedatangan elektronik akan tersedia dalam berbagai bahasa, dan lebih praktis digunakan, termasuk yang datang dalam rombongan kecil mau pun grup besar, karena dapat sekaligus melakukan pengisian. Selama masa uji coba, wisatawan yang tiba di bandara mau pun pelabuhan di Singapura dan masih kebingungan dengan cara mengisi kartu kedatangan elektronik akan dibantu oleh petugas ICA.

Kebijakan baru ini seperti diberitakan situs resmi ica.gov.sg, merupakan langkah ICA untuk mewujudkan imigrasi tanpa kertas dan efisiensi operasional yang lebih baik. Langkah ini bisa menghemat hingga 48 juta kartu embarkasi berbasis kertas per tahun.

Masa uji coba kartu kedatangan elektronik dilakukan hampir disemua pintu masuk Singapura. Situs worldbuzz.com menyebutkan cakupan area uji coba kartu kedatangan elektronik sbb:

 

1

Woodlands checkpoints

2

Tuas checkpoints

3

Changi Airport

4

Singapore Cruise Center

5

Tanah Merah Ferry Terminal

6

Changi Point Ferry Terminal

7

Changi Ferry Terminal

Editor : Aurora
KOMENTAR