Jumat, 29 Maret 2024

Pulau Kisar Punya Potensi Besar di Sektor Pariwisata


  • Minggu, 05 Agustus 2018 | 07:11
  • | News
 Pulau Kisar Punya Potensi Besar di Sektor Pariwisata Foto: Dok Kemendes PDTT

ARAHDESTINASI.COM: Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo melihat potensi pariwisata di Pulau Kisar, Maluku, sangat besar. Itu sebabnya, dia mengajak diaspora Pulau Kisar untuk bergotong royong membantu memajukan daerah.

“Saya harap dengan adanya event ini bisa menggerakkan hati para diaspora Kisar yang telah sukses untuk kembali ke desa,” katanya saat menjadi keynote speaker pada Festival Foto dan Film Kisar Forever Island di Hotel Borobudur, Jakarta, belum lama ini.

Menteri Eko mengatakan, desa-desa di Indonesia khususnya Pulau Kisar memiliki potensi alam yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi unggulan daerah. Pulau Kisar misalnya, memiliki garis pantai sangat luas dan indah, sehingga cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata.

“Potensi desa sangat besar. Diaspora-diaspora Kisar yang telah sukses, yang telah memiliki banyak jaringan diharapkan bisa membantu akselerasi pembangunan agar Kisar menjadi lebih maju. Saya lihat garis pantainya sangat bagus,” katanya.

Terkait hal itu Menteri Eko mengapresiasi ide warga dan diaspora Kisar yang berinisiatif membantu pembangunan warga Kisar melalui karya seni fotografi dan film. Menurut dia, ide kreatif tersebut senada dengan nawacita ketiga presiden Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Kemiskinan di negara kita menurun 1,8 juta jiwa. 1,2 juta di antaranya ada di desa. Kalau kita pertahankan penurunan angka kemiskinan di desa seperti ini, suatu saat angka kemiskinan di desa akan menjadi lebih kecil dibandingkan angka kemiskinan di kota,” ujarnya.

Pulau Kisar menurut Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis, merupakan pulau indah di Maluku yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Festival foto dan film yang diselenggarakan menurut dia bisa menjadi pengantar bagi diaspora Pulau Kisar yang telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia untuk bersama-sama kembali ke kampung halaman.

“Diaspora kita bersama-sama dengan masyarakat Kisar, dengan jaringan-jaringan yang kita miliki, kita akan datang ke sana menggali potensi Pulau Kisar. Sehingga wajah masyarakat Pulau Kisar yang ceria bisa lebih bersinar lagi,” katanya. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru