Sabtu, 13 April 2024

Gunung-Gunung Suci yang Dilarang Didaki


  • Kamis, 19 Oktober 2023 | 11:00
  • | News
 Gunung-Gunung Suci yang Dilarang Didaki Foto: pixabay.com

ARAHDESTINASI.COM: Larangan pendakian gunung di Bali beberapa waktu lalu, menuai pro dan kotra. Namun ternyata, larangan pendakian gunung yang dianggap suci, bukan kebijakan baru di dunia. Beberapa negara telah melakukan itu, di antaranya Nepal, Bhutan, dan China. Berikut beberapa gunung suci yang dijaga kesakralannya dan dilarang didaki.

Macchapuchhare Macchapuchhare (6.993 m) merupakan satu dari sekian banyak puncak gunung yang ada di Pegunungan Annapurna, bagian dari Pegunungan Himalaya di Nepal. Masyarakat Nepal terutama yang beragama Hindu percaya, puncak Macchapuchhare merupakan tempat tinggal Dewa Siwa.

“Tidak akan ada izin untuk melakukan pendakian ke Macchapuchhare. Puncak gunung itu kami anggap suci,” ujar Ramhari dari himalayantrekkingpath.com yang biasa menangani pendakian dan hiking di Pegunungan Annapurna.

Secara resmi Pemerintah Nepal memang telah mengeluarkan larangan pendakian Macchapuchhare pada 20 Maret 2020. Sejarah mencatat, belum ada orang yang menjejakkan kaki secara resmi di puncak Macchapuchhare. Namun, ada kisah yang menyebutkan tentang pendakian Letnan Kolonel James Owen Merion Roberts dari Inggris pada tahun 1957. Pendakian itu konon berhenti sekitar 45 meter dari puncak Macchapuchhare. Anehnya, setelah turun, Roberts meminta Pemerintah Nepal melakukan larangan pendakian ke gunung tersebut.

Gangkhar PuensumBelum pernah ada yang menapaki puncak Gunung Gangkhar Puensum (7,570 m). Tampaknya, gunung yang ada di Bhutan tersebut akan tetap menjadi ‘gunung perawan'. Pemerintah Bhutan melarang pendakian hingga puncak untuk gunung-gunung yang berada di ketinggian 6.000 meter. Berbagai sumber menyebutkan, larangan itu berkaitan dengan alasan spiritual. Masyarakat setempat yang percaya bahwa puncak-puncak gunung dengan ketinggian tertentu merupakan rumah bagi para dewa.

Gunung KailashGunung Kailash (6.638 m) terletak di Tibet. Informasi dari situs wiredforasdventure, menyebutkan bahwa lokasi kailash dekat dengan beberapa sungai terpanjang di Asia, yakni Sungai Indus dan anak Sungai Gangga). Gunung Kailash dianggap suci oleh pemeluk agama Hindu dan Budha. Setiap tahun ribuan orang berziarah dan melakukan ritual suci yang diyakini akan membawa keberuntungan. Karena pentingnya kepercayaan itu, Pemerintah China telah melarang pendakian ke Gunung tersebut. ***

INFORMASI LEBIH LANJUT BISA DIBACA DI E-MAG NEO NORMAL

 

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru