ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Arab Saudi Izinkan Pasangan Turis Asing belum Nikah Menginap Satu Kamar

Minggu , 06 Oktober 2019 | 22:46
Arab Saudi Izinkan Pasangan Turis Asing belum Nikah Menginap Satu Kamar
Foto: Abdullah Shakoor from Pixabay
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Arab Saudi membolehkan perempuan dan pria asing yang belum menikah atau tidak menunjukkan adanya ikatan untuk menginap atau menyewa kamar hotel bersama.

Sebelumnya, baik warga negara Arab Saudi mau pun turis asing harus bisa menunjukan surat nikah agar bisa tidur satu kamar. Dengan kebijakan terbaru tersebut, wisatawan asing bisa melakukan tanpa menunjukan surat nikah, namun warga negara Arab Saudi tetap harus menunjukan bukti keabsahan pernikahan.

Saat ini pemerintah Arab Saudi tengah menggenjot sektor pariwisata untuk mengurangi ketergantungan pada minyak. Kebijakan baru tersebut dikeluarkan oleh Komisi Pariwisata dan Kebudayaan Nasional Arab Saudi yang menargetkan 100 juta wisatawan pada 2030 seperti dirangkum dari BBC dan Reuters.

Sebagai bagian dari langkah tersebut, Arab Saudi juga memutuskan wisatawan perempuan tidak diharuskan menggunakan jubah penjang hitam, namun mesti berpakaian sopan. Sedangkan alkohol tetap dilarang.

Kebijakan tersebut mengikuti kebijakan baru Arab Saudi yang membuka pintu untuk 49 negara yang bisa berkunjung tanpa menggunakan visa dan bisa tinggal 90 hari berturut-turut untuk tujuan wisata. Dari 49 negara itu, belum termasuk Indonesia.

Pembaruan kebijakan itu juga memberi kemudahan pada wanita Arab Saudi yang ingin menyewa kamar hotel sendirian. Sebelumnya untuk menyewa hotel harus didampingi pria dewasa. (*)

KOMENTAR