ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Panduan Transportasi Penang ke Ipoh

Selasa , 06 November 2018 | 23:45
Panduan Transportasi Penang ke Ipoh
Foto: Lintangrowe
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Georgetown (Pulau Penang) dan Ipoh, merupakan dua daerah di Malaysia yang wajib didatangi dalam satu kali perjalanan. Lokasinya berdekatan, dan keduanya menampilkan pesona kota tua dengan karakteristik berbeda.

Pertanyaan yang sering muncul, naik apa dari Pulau Penang ke Ipoh? Kenapa dari Penang? Biasanya, Ipoh merupakan destinasi wisata lanjutan dari Kuala Lumpur dan Pulau penang. Dua tempat itulah yang memiliki bandara terdekat atau destinasi terumum sebelum melanjutkan perjalanan ke Ipoh.

Ipoh terletak di antara Kuala Lumpur dan Pulau Penang. Dari Kuala Lumpur, Ipoh bisa dicapai dengan bus mau pun kereta api. Begitu pun dari Pulau Penang. Sebagai gambaran, wilayah administrasi Penang terdiri dari dua bagian, yakni Pulau Penang dan Penang daratan. Kurang lebih posisinya mirip Kepulauan Seribu yang secara administratif masuk wilayah DKI Jakarta.

Selanjutnya, naik apa dari Pulau penang ke Ipoh? Ada dua alternatif transportasi, naik bus atau kereta api. Keduanya tentu ada plus minus yang bisa dipertimbangkan sesuai dengan situasi dan kondisi. (Baca juga: Menginap Di mana?)

Kereta api
Kereta api merupakan salah satu transportasi penghubung yang banyak dipilih wisatawan. Stasiun kereta api terletak di Penang daratan, sehingga dari Pulau Penang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeberang menggunakan ferry dari Terminal/Pelabuhan Jetty yang letaknya ada di wilayah kota tua Georgetown.

Rumit? Dijamin tidak! Ferry dari Terminal Jetty berangkat setiap 30 menit mulai pukul 05.40 hingga 00.40. Dari Pulau Penang menuju Penang daratan tidak dikenai biaya. Silakan datang, menunggu sebentar, ferry pun berangkat dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit.

Jangan membayangkan ferry penyeberangan yang jorok. Kapalnya bersih, dan yang jelas pemandangannya cukup mempesona. Berdirilah di sisi kapal dan saksikan bagaimana kapal meninggalkan perairan dengan latar belakang gedung-gedung tinggi.

Sesampai di Penang daratan, perjalanan dilanjutkan dengan bus yang sudah disediakan untuk menuju terminal dan Stasiun Butterworth yang lokasinya berdekatan (terintegrasi). Perjalanan dengan bus hanya butuh waktu sekitar lima menit dan tidak dikenai biaya. Turun dari bus tinggal berjalan kaki ke Stasiun Butterworth.

Tiket kereta api bisa dibeli di tempat, atau jika tak ingin repot belilah secara online. Lama perjalanan dari Butterworth ke Ipoh sekitar 1 jam 45 menit. Begitu tiba di Stasiun Ipoh, nikmatilah bangunan tua stasiun yang menjadi salah satu objek foto wisatawan.

Harga tiket kereta api (memesan secara online) sekitar Rp129.000 hingga Rp165.000, tergantung jam keberangkatan. Dari Butterworth setiap harinya ada lima jadwal keberangkatan, paling pagi 04.58 dan terakhir 19.45. Dari Stasiun Ipoh menuju Butterworth, dimulai siang hari pukul 12.27 dan terakhir pukul 23.09.

Jika ingin kembali ke Pulau Penang, proses yang sama akan dilalui. Bedanya, jika dari Pulau Penang ke Penang daratan tidak dikenai biaya atau tiket ferry, maka saat akan masuk ke Pulau Penang (Georgetown) harus membeli tiket ferry yang besarannya MYR 1,2 atau sekitar Rp4.500. Operasional ferry dari Butterworth menuju Pulau penang dimulai pukul 05.20 hingga 00.10.

Bus
Bus juga banyak dipilih wisatawan untuk mendapatkan pengalaman berbeda. Banyak pula yang mengkombinasikan perjalanan kereta api dan bus. Jika memilih transportasi bus langsung dari Pulau Penang ke Ipoh, maka bersiaplah menikmati pemandangan indah ketika melintas di jembatan penhubung yang panjangnya mencapai 13,5 km. Ini salah satu momen yang ditunggu-tunggu wisatawan. Jembatan penghubung itu memang jadi salah satu ikon Pulau Penang.

Tiket bus bisa dibeli langsung di agen bus yang ada di terminal atau bila ingin praktis membeli secara online. Terminal bus paling dekat dengan Georgetown adalah Komtar. Di situ banyak agen bus yang menawarkan tiket perjalanan menuju Ipoh. Komtar, sebenarnya digunakan untuk terminal dalam kota. Namun, juga berfungsi sebagai titik penjemputan bus-bus yang membawa penumpang ke luar dari Pulau Penang.

Selain Komtar, Pulau Penang juga memiliki Terminal Bus Sungai Nibong yang biasa digunakan sebagai titik awal keberangkan bus-bus antardaerah. Selain dua terminal itu, banyak juga masyarakat dan wisatawan yang memilih berangkat dari Terminal Bus Butterworth. Itu berarti mereka naik ferry terlebih dahulu, kemudian sambung dengan bus tujuan Ipoh dari terminal yang terintegrasi dengan stasiun kereta dan ferry.

Harga tiket bus antara Rp60 ribu hingga sekitar Rp110 ribu, tergantung kelas bus dan operator bus yang dipilih. Busnya bersih dan nyaman.

Penulis: Lintang Rowe
IG: @lintangrowe

Editor : Farida
KOMENTAR