ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Makan Nikmat di Warung Klotok Pakem

Minggu , 25 November 2018 | 11:34
Makan Nikmat di Warung Klotok Pakem
Foto: ngetripyuk.id
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Sedang atau akan berlibur ke Yogyakarta? Jangan lupa mampir ke Warung Kopi Klotok yang lokasinya masuk ke kampung dan bertetangga dengan persawahan. Bangunan warungnya sederhana, didominasi kayu dan bata, seperti rumah-rumah khas di Jawa Tengah.

Apa istimewanya? Warung ini benar-benar mengusung konsep rumahan dengan dapur terbuka dan tungku berkayu bakar yang bisa dilihat siapa pun. Pengunjung biasanya masuk dari samping bangunan (dapur), mengambil makan secara prasmanan, kemudian bisa dibawa ke ruang tengah atau pun teras depan bangunan yang langsung menghadap taman dan persawahan.

Di setiap meja tersedia suguhan camilan tradisional dan rokok linting gratis. Pendek kata, makan di Warung Klotok yang lokasinya ada di Jl Kaliurang Km 16, Kledokan, Pakem, Yogyakarta, seakan kita dibawa ke kedamaian suasana pedesaan dan tempo dulu.

Apalagi menunya, benar-benar tradisional dan rumahan. Mulai dari sayur lodeh, nasi megono, gudeg, jantung pisang, jengkol, ayam goreng, sayur kacang tolo, sayur lombok ijo, ikan asin, ayam goreng, aneka tumis sayur, dan masih banyak lagi. Nasinya ada dua macam, nasi putih dan merah.

Jika tak mau makan berat ada pisang goreng, singkong goreng, dan berbagai camilan tradisional lain yang sangat nikmat dinikmati dengan kopi, teh panas, atau wedang jahe di tengah udara sejuk dan hijau pemandangan.

Soal harga jelas tidak menguras kantong. Satu kali makan normal dan camilan tak akan lebih dari Rp20 ribu. Jadi jangan heran jika Warung Klotok setiap hari diserbu pengunjung, terutama di jam-jam makan. Selebritas hingga politikus pun kerap dijumpai asyik makan dan bersantai di tempat ini. (*)

Editor : Aurora
KOMENTAR