ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Brongkos & Lodeh Primadona Warung Masja Solo

Jumat , 05 Oktober 2018 | 07:00
Brongkos & Lodeh Primadona Warung Masja Solo
Foto: Vonny Lumowa

ARAHDESTINASI.COM: Jika Anda berada di Solo dan sudah puas dengan kuliner yang terkenal seperti tengkleng, nasi liwet, sate kere, sate buntel, soto gading, serabi solo atau baso alex, sudah saatnya Anda menikmati masakan rumahan khas Jawa Tengah, Solo khususnya.

Warung Masja di Jalan Dr Rajiman bisa jadi pilihan. Lokasinya hanya beberapa meter dari kantor Kecamatan Laweyan, atau sekitar 100 meter dari Mapolsektabes Laweyan itu selalu dipenuhi mobil dan motor yang parkir di depannya. Jangan heran jika warung sederhana yg kecil itu semakin tidak terlihat saat anda melintas dengan cepat, apalagi di jam makan siang.

Meski bangunannya sederhana hanya terbuat dari papan kayu, tapi jangan ragukan cita rasa hidangan masakan yang ditawarkan. Masja singkatan dari Masakan Jawa yang dirintis Pak Masjo sejak 30 tahun lalu. Berbagai lauk superlezat busa ditemukan di sini, antara lain brongkos, lodeh, garangasem, bothok, bobor, asem-asem, dan sebagainya. Brongkos dan lodeh menjadi primadona Warung Masja. Sebagian besar tamu yang datang, pasti memesan brongkos dan lodeh.

Brongkos semacam rawon yang terkenal di Jawa Timur, sama-sama menggunakan kluwek, sehingga menghasilkan warna kehitaman dengan cita rasa yang khas. Bedanya, brongkos menggunakan santan, jadi rasanya lebih gurih. Brongkos di Solo beda dengan Brongkos di Yogyakarta yang menggunakan kacang tolo dan tahu. Istimewanya brongkos di Masja ini, dagingnya sapi murni tidak dicampur lemak atau kikil.

Lodeh menjadi pilihan berikutnya, tersedia berbagai macam lodeh sesuai kegemaran pelanggan. Ada lodeh keluwih, lodeh terong, bahkan tersedia lodeh rebung bambu. Banyak orang bilang, lodeh Keluwih warung Masja, adalah lodeh terenak seantero kota Solo.

Selain itu, cobalah garangasem yang rasanya sangat segar. Daging ayam dan jeroannya dicampur beliwing wuluh dan kuah santan encer. Ada juga bothok yang merupakan racikan berbagai sayur dan kelapa, kemudian dibungkus daun pisang. Ada juga aneka ikan tawar dan laut. Tidak ketinggalan rempeyek udang yang lezat. Tergoda untuk mencoba? Jangan lupa agendakan jika berkunjung ke Solo. (Vonny Lumowa)

Editor : Aurora
KOMENTAR